Rayakan Setahun Eksis, Podkesmas Kembangkan Jaringan Podcast Lebih Luas

- Senin, 26 Oktober 2020 | 09:55 WIB
Para pengisi konten Podkesmas di Podcast. (Dok. Podkesmas).
Para pengisi konten Podkesmas di Podcast. (Dok. Podkesmas).

Saat ini tengah marak platform digital untuk berkarya, tapi mungkin podcast masih dianggap kecil peminatnya dan dianggap tidak ada pemasukan.  Namun nyatanya banyak potensi yang bisa didapatkan dari podcast.

Salah satu yang sudah merasakannya adalah para content creator yang tergabung dalam Podkesmas yang disebut sebagai podcaster nomor 1 di Indonesia. Selain banyak didengar sampai 10.000 stream per harinya, mereka juga menjadi Top Chart Spotify sebanyak 30 minggu. 
 
Podkesmas singkatan dari Podcast Kesehatan Masyarakat yang selalu menyajikan unsur fun dalam podcastnya, dan terdiri dari empat nama yang sudah malang melintang sebagai presenter, seperti Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia dan Angga Nggok. 

"Awalnya mau buat masing-masing. Tapi akhir ya buat podcast bareng. Kita ingin pengen buat karya yang tak bisa kita buat di radio tempat kami bekerja," ujar Omesh saat di press conference virtual pada Minggu (25/10/2020) kemarin. 

Memasuki satu tahun berdiri, banyak hal yang mereka dapatkan. Sampai-sampai pihak Spotify sempat ingin bertemu mereka waktu baru satu bulan mengudara. Sehingga kini, mereka menjadi bintang iklan Spotify, selain Tiara dan BLACKPINK.

Berdasarkan pantauan Indozone, pendengar mereka pun tersebar di seluruh Indonesia, namun tiga wilayah yang mendengar mereka terdiri dari Jakarta, Jawa Timur, serta Gorontalo. Jumlah pendengar mereka juga bertambah ketika pandemi corona melanda.

"Tadinya kami sempat pesimis ketika pandemi apa ada yang mendengarkan atau tidak. Soalnya podcast kan biasanya didengarkan oleh mereka yang commuting, yang lagi macet-macetan kerja, atau lagi di kereta. Tapi sekarang kan sepi, nggak macet. Nah, ternyata yang dengerin banyak juga," ucap Surya.

Tema-tema yang dibuat Podkesmas bukan sebuah tema yang unik dan sulit untuk dicerna. Di setiap episodenya mereka selalu mengangkat tema-tema kasual yang dekat dengan lingkungan mereka sebagai laki-laki, dari mulai mantan yang ngangenin, kisah pacaran pertama kali sampai sekolah anak, semua dibahas oleh mereka dengan gaya yang riang.  

“Diharapkan di saat kita bercerita, para pendengar kita bisa mempunyai kedekatan yang sama dengan tema tersebut,” ungkap mereka.

Bagi mereka, Podkesmas ini seperti menelanjangi diri mereka sendiri. Hal-hal dan tema-tema yang tidak bisa diceritakan di televisi dan radio, mereka tumpahkan semua di Podkesmas.

Podkesmas kian mengembangkan sayap bisnis mereka. Salah satu diversifikasi bisnis mengembangkan bisnis dengan nama Podkesmas Asia  Network (PAN) yang menjadi goal utama mereka. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X