Lagi, Pelajar Magang di NASA Menemukan Aurora Baru

- Sabtu, 25 Januari 2020 | 10:13 WIB
Aurora baru yang ditemukan mahasiswa magang di NASA (IFL Science)
Aurora baru yang ditemukan mahasiswa magang di NASA (IFL Science)

Sebelumnya, seorang siswa asal New York yang magang di NASA berhasil menemukan planet baru. Padahal, remaja berusia 17 tahun itu baru tiga hari magang di sana.

Nah, baru-baru ini, ada seorang mahasiswa magang di NASA yang berhasil menemukan aurora baru. Aurora itu adalah bukti gangguan signifikan dalam medan magnet bumi.

Mahasiswa fisika bernama Jennifer Briggs itu bekerja sama dengan ilmuwan NASA David Sibeck, Marcos Silveira, dan mentornya Gerard Fasel.

-
Jennifer Briggs (ibtimes)

Jika biasanya gangguan tersebut dikaitkan dengan letusan dari matahari, namun aurora yang ditemukan oleh Briggs ini berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, aurora ini disebabkan sesuatu yang menekan magnetosfer sekitar 25 ribu kilometer dalam 1 menit dan 45 detik.

Briggs mengatakan bahwa fenomena ini merupakan contoh pertama dari kompresi yang dihasilkan foreshock, wilayah tepat di luar magnestosfer.

Magnestosfer sendiri juga merupakan tempat partikel bermuatan listrik dari angin matahari saat pertama kali bersentuhan dengan medan magnet bumi.

Penemuan ini diketahui sudah dipresentasikan  pada 9 hingga 13 Desember 2019 lalu di American Geophysical Union. Briggs dan tim NASA tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab aurora terjadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X