Pengamat: Perhatian Joe Biden Terhadap Asia Lebih Besar Dibanding Trump

- Rabu, 4 November 2020 | 09:36 WIB
Baliho kampanye peserta Pilpres Amerika Serikat yakni Donald Trump dan Joe Biden. (REUTERS/Alexander Drago)
Baliho kampanye peserta Pilpres Amerika Serikat yakni Donald Trump dan Joe Biden. (REUTERS/Alexander Drago)

Pertarungan antara dua kandidat orang nomor satu di Amerika Serikat, yakni Donald Trump dan Joe Biden sudah memasuki proses penghitungan suara. Lantas bagaimanakah efek jika salah satu di antara mereka menang terhadap Indonesia?

Menurut pengamat politik internasional, Arya Sandhiyudha, dari segi haluan politik, Joe Biden memiliki kesamaan dengan Presiden Amerika Serikat sebelumnya, yaitu Barrack Obama.

Joe Biden dinilai lebih memiliki sifat internasionalis, sehingga bisa memberikan perhatian khusus terhadap Asia jika dibandingkan dengan kepemimpinan Donald Trump saat ini.

“Ia lebih internasionalis, terus kemudian ada perhatian ke Asia lebih sebagaimana di wilayah lain, pendekatan AS lebih kuat dibandingkan dengan presiden Trump,” ucap Arya kepada Indozone, Rabu (4/11/2020).

Arya menilai bahwa gaya kepemimpinan Donald Trump selama ini lebih isolasionis karena lebih memprioritaskan hal-hal untuk Amerika atau lokal. Sehingga tidak pernah hadir dalam acara-acara Asia.

“Era Obama yang di situ ada Biden juga, yg kita tahu perhatian Amerika sangat besar, paling tidak ada pengiriman pejabat negara,” terangnya.

“Sedangkan Trump tidak pernah mengirim pejabat level menteri selama ini di pora Asean, atau pora yang di situ ada Indonesia,” pungkas Arya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X