Polisi Sebut Pedagang Alat Sekolah Korban Pemerasan Tidak Selewengkan KJP

- Kamis, 16 Juli 2020 | 10:49 WIB
Barang bukti KJP yang digunakan sebagai alat pemerasan pengaku polisi dan wartawan. (Dok. Polres Metro Jakarta Barat)
Barang bukti KJP yang digunakan sebagai alat pemerasan pengaku polisi dan wartawan. (Dok. Polres Metro Jakarta Barat)

Polsek Kalideres Jakarta Barat menyebut pedagang alat sekolah korban pemerasan dengan tersangka pengaku polisi dan wartawan, tidak selewengkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Berdasarkan keterangan Kanit Reskrim Polsek Kalideres AKP Syafri Wasdar, ratusan KJP itu didapat korban dari para orangtua murid yang menitipkan KJP kepadanya sebagai jaminan.

"Jadi orang yang punya KJP datang (ke toko korban) beli seragam. Tapi saat itu tidak punya uang, karena ini pas pencairan misal jumlahnya Rp1 juta, hutangnya cuma Rp200 ribu, maka Rp800 ribu dikembalikan berikut kartunya,"  kata Syafri, Selasa (14/7/2020).

Situasi tersebut dimanfaatkan oleh 4 pelaku pemerasan yang melihatnya sebagai celah untuk menjebak dan memeras korban dengan alasan penyelewengan KJP. Oleh karena itu, korban dianggap tidak menyelewengkan KJP.

Syafri mengatakan bahwa korban juga berjualan kebutuhan sekolah yang bisa dibayar dengan KJP.

"Kemarin sempat saya tanya, selama dia bukannya meminjamkan uang. Tidak melanggar ini," ungkap Syafri.

Polsek Kalideres, Jakarta Barat sebelumnya meringkus 4 orang diduga pelaku pemerasan pedagang alat kebutuhan sekolah dengan modus mengaku sebagai polisi dan wartawan.

Para pelaku diketahui mendatangi rumah korban dengan tuduhan dugaan penyelewengan KJP, kemudian menyita KJP sebanyak 219 lembar dengan mengaku sebagai anggota Buser (buru sergap) Polda Metro Jaya dan wartawan.

Para tersangka itu yakni Widodo alias Budi, Arista alias Aris, Suwanto alias Awi dan Romanudin, mengaku sedang melakukan investigasi dugaan penyelewengan KJP.

Korban kemudian diminta uang damai sekitar Rp50 juta. Namun, korban akhirnya membayar Rp4,5 juta sesuai kesepakatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X