Mahfud MD Ajak Warga untuk Jaga Imunitas Tubuh, Baik Jasmani dan Rohani Hadapi Corona

- Sabtu, 25 April 2020 | 16:00 WIB
Mahfud MD. (instagram/@mohmahfudmd)
Mahfud MD. (instagram/@mohmahfudmd)

Di tengah pandemi corona yang melanda Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, masyarakat Indonesia harus selalu menjaga imunitas tubuh, baik itu dari segi jasmani ataupun rohani.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan dalam menghadapi pandemi corona, terutama saat di bulan Ramadhan.

-
Mahfud MD. (ANTARA FOTO/Jojon)

"COVID-19 ini bisa dilawan melalui imunitas dan tingkat imunitas itu dibangun melalui dua hal yakni jasmani dan rohani," kata Mahfud dalam konferensi video yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Mahfud menjelaskan, penguatan imunitas jasmani yang dimaksudnya ialah berolahraga, makan bergizi yang cukup dan teratur, tidur dengan baik, dan minum vitamin.

-
Warga berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Ia menambahkan, selama bulan Ramadhan, setiap orang harus bisa menjaga tubuhnya agar selalu sehat. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa masyarakat harus tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial dengan orang lain.

Sedangkan dari segi rohani, warga kata Mahfud bisa melakukan berbagai aktivitas ibadah Ramadhan yang baik. Menurutnya, ibadah yang dilakukan dengan baik, dapat memberi ketenangan hati, yang menjadi salah satu faktor penguat imunitas tubuh.

-
Potret seorang anak tengah mengaji. (pexels/Abdullah Ghatasheh)

"Ibadah dengan baik agar hati tenang, tentram dan nyaman sehingga imunitas bertambah," tuturnya.

Mahfud menambahkan, takwa dapat diterjemahkan ke dalam dua sifat, yaitu ritual dan sosial. Sosial artinya menjaga orang lain di dalam pergaulan, agar tak membahayakan dan dibahayakan orang lain.

Sedangkan takwa dalam hal ritual artinya bisa dilakukan di rumah, dengan membaca Alquran dan salat tarawih di rumah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X