Raffi Ahmad hingga Baim Wong di Bursa Pilkada DKI, Pengamat: Naikin Elektabilitas Partai

- Rabu, 17 Februari 2021 | 14:15 WIB
Baim Wong dan Raffi Ahmad. (YouTube/Rans Entertainment)
Baim Wong dan Raffi Ahmad. (YouTube/Rans Entertainment)

Jelang Pilkada DKI muncul sejumlah nama-nama tokoh, termasuk dari kalangan selebriti pun ikut mencuat. Misalnya, Raffi Ahmad, Agnes Monica, hingga Baim Wong masuk ke dalam bursa politik tersebut.

Menurut Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin, kemunculan nama-nama artis tersebut hanya digunakan untuk menaikan elektabilitas dari partai politik itu sendiri.

“Mungkin partai ingin ambil gampang saja. Ingin mengerek elektabilitas partai dengan cara mengendorse nama-nama mereka,” ucap Ujang kepada Indozone, Rabu (17/2/2021).

Pasalnya, menurut Ujang, nama-nama selebriti yang muncul tersebut dapat membuat partai politik mendapatkan keuntungan dari popularitas atau ketenaran dari artis-artis itu.

“Soal nanti apakah mereka bertiga jadi maju atau tidak. Bagi partai itu urusan lain. Yang penting partai bisa mendompleng popularitas nama besar artis-artis tersebut,” terangnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sendiri sempat menyebutkan ingin menggaet kader di luar partai, yakni diantaranya Raffi Ahmad dan Agnes Monica di Pilkada DKI mendatang.

Selain itu, nama Baim Wong tiba-tiba muncul dalam hasil survei lembaga Median soal persaingan Pilgub DKI. Ia bahkan memiliki elektabilitas sebesar 0,5%, dan sejajar dengan tokoh politik lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X