Saat Napi Tiongkok Kabur dari Lapas Tangerang, Polisi Sebut Sipir Sempat Ketiduran

- Rabu, 30 September 2020 | 16:37 WIB
Bandar narkoba sekaligus terpidana mati asal Tiongkok melarikan diri dari Lapas Klas I Tangerang. (istimewa)
Bandar narkoba sekaligus terpidana mati asal Tiongkok melarikan diri dari Lapas Klas I Tangerang. (istimewa)

Narapidana asal Tiongkok, Cai Changpan yang berhasil kabur dari lapas hingga kini belum tertangkap. Polisi mengungkap saat Cai melarikan diri ternyata ada petugas lapas yang tertidur saat berjaga.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Yusri menyebut petugas yang tertidur adalah petugas yang berjaga di atas menara pemantau lapas.

"Kami juga masih mendalami semua karena petugas yang berjaga di menara pada saat itu ketiduran," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Selain itu sipir di menara pemantau itu, ada pula sipir lain yang tertidur. Sipir yang tertidur yakni sipir yang kala itu bertugas menjaga CCTV.

"Juga petugas yang jaga CCTV juga di center di lapas pada saat kita melakukan pemeriksaan juga ketiduran mengakunya," sambung Yusri.

Petugas sipir itu juga sudah diperiksa oleh pihak kepolisian. Polisi juga masih mendalami keterkaitan pihak-pihak yang membantu pelarian sang napi.

"Ini yang masih kita dalami semua, apa kemungkinan akan adanya keterkaitan adanya orang-orang yang membantu dia melarikan diri," kata Yusri.

Seperti diketahui, seorang narapidana narkotika sekaligus WN Tiongkok, Cai Changpan berhasil kabur dari Lapas Tangerang. Dia kabur pada Senin, (14/9/2020) yang lalu.

Usut demi usut napi itu melarikan diri dengan cara menggali lubang dari sel menuju ke luar lapas. Ditemukan pula barang bukti seperti obeng, besi, sekop hingga pompa air yang diduga digunakan tersangka untuk menggali tanah.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X