7 Rumah Sakit Rujukan Virus Corona Ini Juga Punya Ruang Isolasi Khusus

- Kamis, 5 Maret 2020 | 16:15 WIB
Petugas menunjukkan ruang isolasi di RSUD Pandan Arang Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Petugas menunjukkan ruang isolasi di RSUD Pandan Arang Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, memastikan tujuh rumah sakit rujukan untuk pasien suspect virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta, memiliki standar yang sama dengan RSPI Sulianti Saroso. 

Rumah sakit rujukan untuk suspect virus corona itu antara lain: RS Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RSAL Mintohardjo, RS Polri Sukanto, dan RS Fatmawati. 

Ketujuh rumah sakit tersebut, kata Syahril, juga dilengkapi dengan peralatan-peralatan canggih untuk menjaga agar virus yang ada ditubuh pasien, tidak berpindah dan menular ke pasien lainnya. 

"Iya (fasilitasnya sama). Jadi ketika seorang pasien harus masuk ruang instalasi, fasilitasnya sama. Jadi ada negatif pressure machine, ada air humidity unit. Jadi alat ini untuk mengatur sirkulasi udara di sana baik," ujar Syahril dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Kamis (5/3/2020). 

Syahril memastikan, ruang isolasi untuk pasien suspect virus corona berbeda dengan tempat isolasi penyakit lainnya. Sebab, ruangan isolasi pasien virus corona punya peralatan khusus. 

"Jadi bukan ruang isolasi biasa," tuturnya. 

Meski demikian, Syahril mengaku tidak tahu di masing-masing rumah sakit tersebut memiliki berapa ruangan untuk isolasi pasien virus corona. 

"Jumlahnya (ruang isolasi) berbeda-beda, ada yang cuma empat ruangan, ada yang delapan ruangan, bahkan ada yang hanya punya dua ruangan isolasi saja," tuturnya terkait fasilitas rumah sakit rujukan suspect virus corona. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X