Dear Milenial, Simak Nih Langkah Buat Start Up yang Cuan dan Sosial Impact

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 13:20 WIB
Event YOTNC2022 (Indozone/Harits Tryan)
Event YOTNC2022 (Indozone/Harits Tryan)

Perkembangan bisnis start up di Indonesia terus mengalami peningkatan meski mendapat sejumlah rintangan. Setelah berdiri pun, masih banyak perjalanan yang harus dilakukan untuk membuatnya bertahan.

VP of Invesment Kejora Capital, Erwin Arifin, memberikan tips bagi milenial dalam membangun start up. Tak hanya sekedar mencari cuan, tapi harus menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Untuk teman-teman semua, kalau membuat start up, selain cuan, nomor satu adalah masalah apa yang kita selesaikan dahulu,” kata Erwin dalam event YOT National Conference 2022 di The kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Sabtu (23/7/2022).

Dia meyakini jika ada persoalan yang bisa diselesaikan oleh start up, maka akan memberikan impact besar. Impact itulah nantinya yang bakal menghasilkan cuan bagi start up.

Hanya saja Erwin berpesan terdapat beberapa langkah yang harus dilalui. Semisalnya harus mempunyai modal bisnis yang jelas agar memberikan impact.

“Dengan punya bisnis modal yang jelas, dan punya sumber income yang jelas juga dan memberikan impact,” tuturnya.

Baca Juga: Komitmen Erick Thohir Dinilai Milenial Sudah Jelas: Berantas Korupsi di BUMN!

Erwin kemudian membagikan pengalamannya agar start up tersebut mendapatkan cuan hingga sosial impact. Pertama adalah berani mencoba hingga berani gagal.

“Pertama yang pola pikir dulu ya, pengalaman pribadi kalo kita belum coba banyak hal, pasti kita ga akan tau kita maunya apa dan kalo kita belum pernah ngalamin gagal, kita ga akan tau apa yang kita buat,” jelas Erwin.

Di sisi lain, Erwin menyebut letak geografis Indonesia sangat terbilang beruntung. Dikarenakan sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, maka market size untuk bisnis apapun jauh lebih besar.

“Cara kedua, kita nih butuh orang yang ada di Indonesia juga sebetulnya, karena di Indonesia ini negara yang terbesar di asia tenggara, dari segi market size pasti akan jauh lebih besar,” tuturnya

“Jadi kita cukup cari sebetulnya problem apa yang akan kita coba selesaikan di Indonesia,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X