Netflix Lakukan Pengujian Fitur Baru Tindak Masalah Pengguna yang "Nebeng" Akun

- Jumat, 12 Maret 2021 | 21:53 WIB
 Ilustrasi Netflix. (photo/Pexels/@cottonbro)
Ilustrasi Netflix. (photo/Pexels/@cottonbro)

Netflix penyedia layanan menonton film dan seri secara daring, saat ini tengah menyiapkan pengujian fitur baru untuk memecahkan masalah pembagian password atau kata sandi alias "nebeng" akun, dengan alasan bisnis dan keamanan.

Fitur baru itu mencegah orang baru yang mencoba mengakses akun berbayar dari Netflix tanpa persetujuan pemilik akun.

"Pengujian ini didesain untuk membantu dan memastikan pemilik akun Netflix memberikan izin dalam akses masuk," kata juru bicara Netflix dalam keterangannya kepada The Verge, Jumat (12/3).

Jika Netflix mendeteksi seseorang menggunakan akun premium tanpa didampingi pemilik akun, nantinya Netflix akan meminta verifikasi dari pemilik akun sah lewat email ataupun pesan singkat.

Jika orang yang mencoba mengakses akun itu tidak dapat izin dari pemilik akun sah dalam waktu yang dibatasi maka mereka tidak akan bisa mengakses konten Netflix sama sekali.

Baca juga: Ayah Ini Bawa Kipas Angin & Berdiri ke Kelas Putrinya Usai Mengeluh karena Terlalu Panas

Tetap saja cara ini tidak dapat sepenuhnya mencegah praktik berbagi password karena sangat mungkin pemilik akun sah justru mengirimkan kode khusus itu kepada temannya.

Pengujian yang dilakukan secara acak tanpa waktu dan lokasi yang spesifik juga dilakukan untuk mencoba pengamanan akun yang lebih baik.

Jika beberapa percobaan mencurigakan terjadi saat mengakses akun maka orang tersebut tidak dapat sama sekali mengakses konten Netflix, alias diblok.

Sebenarnya hal itu telah dibahas oleh CEO Netflix Reed Hastings pada 2016, ia tak memusingkan masalah berbagi kata sandi itu.

Persoalan berbagi password itu sebenarnya sudah lama jadi perbincangan di antara peneliti hingga investor di sektor penyedia layanan hiburan daring.

Peneliti dari Parks Associates bahkan menyebutkan praktik pembagian kata sandi maupun pembajakan telah merugikan industri layanan streaming dengan kerugian setidaknya 9 juta Dolar AS.

Meski awalnya Reed menilai masalah berbagi password bukanlah hal besar, namun nampaknya mereka mulai memikirkan masalah itu dalam beberapa waktu terakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X