Pemerintah Persiapkan Borobudur Jadi Laboratorium Konservasi Cagar Budaya

- Jumat, 12 Maret 2021 | 19:30 WIB
Candi Borobudur. (photo/Pixabay/Jonathan-Smit)
Candi Borobudur. (photo/Pixabay/Jonathan-Smit)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pemerintah akan menyiapkan kawasan Candi Borobudur menjadi laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

"Saat ini pemerintah tengah melakukan penajaman dan penerapan Rencana Induk Pariwisata Terpadu Borobudur-Yogyakarta-Prambanan untuk mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur menjadi pariwisata berkualitas," kata Luhut di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/3) dikutip dari ANTARA.

Ia menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan lapangan terkait progres pengembangan DPSP Borobudur.

"Untuk memastikan agar dampak pelestarian Candi Borobudur ini berkelanjutan akan melibatkan masyarakat secara aktif. Salah satunya peran mahasiswa untuk memperdalam studi kawasan Borobudur sehingga tumbuh sense of belonging terhadap kawasan ini. Dengan demikian, akan tumbuh rasa bertanggung jawab untuk merawat dan melestarikan peninggalan ini hingga ke generasi mendatang," katanya.

Baca juga: Virtual Police Temukan Konten Ujaran Kebencian Terbanyak Berasal dari Twitter

Luhut menjelaskan masalah utama yang tengah dihadapi Candi Borobudur adalah tekanan besar terhadap struktur candi. Hal ini disebabkan oleh peningkatan wisatawan candi yang mencapai 8.000 orang per hari pada 2019.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengemukakan Candi Borobudur menyandang beberapa status, yaitu Warisan Dunia, Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional, Kawasan Strategis Nasional, Obyek Vital Nasional, dan terakhir sebagai salah satu DPSP.

Oleh Karena itu Kemendikbud mengedepankan pembenahan keseluruhan tata kelola dari perlindungan sampai pemanfaatan untuk memaksimalkan potensi kawasan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X