AS Telah Menyelesaikan Evakuasi Pasukannya dari Afghanistan Sebelum Batas Waktu

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:29 WIB
AS telah menyelesaikan evakuasi pasukannya. (REUTERS/Ognen Teofilovski)
AS telah menyelesaikan evakuasi pasukannya. (REUTERS/Ognen Teofilovski)

Amerika Serikat telah menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan pada hari Senin (30/8/2021), mengakhiri perang 20 tahun setelah Taliban mengambil alih Afghanistan.

Washington dan sekutu NATO-nya dipaksa keluar dengan tergesa-gesa. Setelah evakuasi yang kacau, mereka meninggalkan ribuan warga Afghanistan yang membantu negara-negara Barat dan mungkin memenuhi syarat untuk evakuasi.

Tembakan perayaan terdengar di Kabul setelah selesainya penarikan AS yang mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Baca juga: Afghanistan Runtuh dan Taliban Menang karena Korupsi dan Banyaknya Tentara 'Hantu'

"Tentara AS terakhir telah meninggalkan bandara Kabul dan negara kami memperoleh kemerdekaan penuh," kata juru bicara Taliban Qari Yusuf, TV Al Jazeera melaporkan pada hari Senin.

Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah penarikan bahwa dunia akan menahan Taliban pada komitmen mereka untuk mengizinkan perjalanan yang aman bagi mereka yang ingin meninggalkan Afghanistan.

Operasi itu selesai sebelum batas waktu Selasa yang ditetapkan oleh Biden, yang telah menuai kritik keras dari Demokrat dan Republik atas penanganannya di Afghanistan sejak Taliban mengambil alih Kabul awal bulan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X