Menko PMK: Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak untuk Percepat Herd Immunity

- Rabu, 30 Juni 2021 | 09:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Muhadjir Effendy meninjau vaksinasi bagi ibu hamil dan anak usia 12-18 (Humas PMK).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau vaksinasi bagi ibu hamil dan anak usia 12-18 (Humas PMK).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan tinjauan terhadap vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui serta anak-anak usia 12-18 di Kampung KB Muara Kidul, Kelurahan Pasir Jaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (29/6/2021). 

Ini sebagaimana langkah pemerintah yang mulai menggencarkan vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertepatan dengan puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28.

Muhadjir berkata berdasarkan pengamatannya para bidan telah sangat terampil dalam melakukan vaksin bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun.

"Saya menyaksikan sendiri para bidan ini sangat terampil untuk melakukan vaksinasi, karena beliau memang kerjanya sehari-hari melayani para ibu-ibu. Maka semuanya kelihatan lancar-lancar saja," ujar Muhadjir sebagaimana dalam keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Dia menyatakan sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil, menyusui, dan anak usia 12-18 tahun. Pasalnya vaksinasi ini akan semakin mempercepat target satu juta vaksinasi per hari sesuai dengan arahan Presiden.

"Sesuai dengan perintah dari Bapak Presiden bahwa nanti minimum satu hari ada satu juta vaksin yang disuntikkan kepada warga agar dapat mencapai herd immunity dalam rangka perang melawan Covid-19 ini. Insya Allah para bidan ini siap untuk mendukung itu," tutur Muhadjir.

Baca Juga: Polri Minta Maaf Atas Kebiadaban Briptu Nikmal Idwar yang Perkosa Remaja di Mapolsek

Mantan Mendikbud itu berujar ibu hamil, ibu menyusui, dan anak merupakan adalah kelompok yang sangat rentan terinfeksi Covid-19.  Karena itu, vaksinasi ini sangat penting dilakukan sebagai upaya pencegahan agar para ibu dapat melahirkan anak yang sehat, serta anak-anak dapat terlindungi dari virus corona.

"Sehingga kita harapkan generasi muda kita yang akan datang bisa dijamin lebih sehat, dan bisa dipertanggungjawabkan untuk menjadi generasi penerus bangsa ini," tandasnya.

Adapun dalam peninjauan tersebut Menko PMK yang didampingi oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto memuji pelaksanaan vaksinasi yang melibatkan bidan sebagai tenaga vaksinator. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X