Taliban Konvoi Pakai Kendaraan Militer yang Dirampas dari AS, Pamer Helikopter dan Tank

- Jumat, 3 September 2021 | 15:33 WIB
Konvoi kendaraan tempur Taliban (Twitter)
Konvoi kendaraan tempur Taliban (Twitter)

Taliban menggelar konvoi memamerkan peralatan militer yang mereka rampas dari Amerika Serikat, setelah negara adidaya itu meninggalkan Afghanistan.

Taliban mengoperasikan helikopter Black Hawk di udara, sementara di darat tampak anggota Taliban yang lain mengendarai Humvee yang dibiayai oleh warga Amerika Serikat dari pajak.

Namun, helikopter itu dikabarkan diterbangkan oleh mantan tentara Afghanistan, karena tidak ada milisi Taliban yang mampu mengoperasikannya.

Di jalan raya Kandahar, Afghanistan, tampak kendaraan tempur lapis baja berjalan dalam satu barisan, dengan bendera Taliban yang berkibar-kibar.

Taliban juga mengendarai truk militer yang selama ini dipakai oleh pasukan AS, Nato, dan Afghanistan selama perang 20 tahun.

Tak ketinggalan, milisi Taliban menenteng senjata yang juga mereka rampas dari Amerika Serikat, seperi senapan M16.

Taliban juga memamerkan puluhan tank yang mereka dapatkan secara cuma-cuma dari Amerika Serikat. Taliban saat ini memiliki persenjataan militer terbaik di dunia.

Baca juga: Tak Bisa Dianggap Remeh, Taliban Rampas Ribuan Kendaraan Perang Peninggalan AS

Dilansir The Sun, jumlah helikopter Taliban kini bahkan lebih banyak dibandingkan 85% negara di dunia. Jenderal Kenneth McKenzie memang mengklaim beberapa kendaraan tempur itu sudah dibuat tak bisa beroperasi.

Namun, dalam video yang beredar di media sosial, Taliban masih mampu mengoperasikan sejumlah kendaraan militer seperti helikopter Black Hawk dan tank.

"Selamat kepada seluruh rakyat Afghanistan. Kemenangan ini milik kita semua," kata Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid usai tentara terakhir AS angkat kaki dari Kabul.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X