Sindir Gaya Hidup Anggota Polri, DPR: Kapolres Seperti Raja di Daerah!

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:25 WIB
Ilustrasi anggota polisi. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Ilustrasi anggota polisi. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti gaya hidup anggota Polri yang dianggapnya sangat mewah. Bahkan dia mengkhawatirkan hal ini memberikan indeks kepercayaan masyarakat terhadap Polri menurun.

Adies awalnya menyinggung kasus penembakan Brigadir J yang membuat kepercayaan kepada masyarakat kepada Polri, dari angka 80 persen kini menurun di bawah 50 persen.

“Tapi dengan kasus ini, kita tahu indeks kepercayaan terhadap polri turun di bawah 50 persen," kata Adies dalam rapat kerja dengan Kapolri, Rabu (24/8/2022).

Politisi Partai Golkar ini pun berujar, menurunnya indeks kepercayaan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara juga dikarenakan perilaku anggota Polri semisalnya Kapolres di daerah yang hidup mewah-mewahan.

"Selain kasus (yang melibatkan) Brigadir J dan Sambo tersebut ternyata penurunan ini disebabkan oleh perilaku dan juga gaya hidup dan teman-teman Polri di tingkat bawah," tuturnya.

Baca Juga: Profil Patra Niaga Anak Perusahaan Pertamina Diusut Bareskrim Polri, Kasus Jual Beli BBM

Dia bilang, sifat mereka layaknya raja-raja kecil di daerahnya masing-masing. Semisalnya menggunakan mobil mewah, hingga brand ternama yang digunakan istri mereka.

"Kemudian gaya hidup mereka sudah mulai cerutu, pakai wine (minuman keras), mobil mewah. Kalau kita lihat istrinya itu (pakai) tas Hermes, itu sudah gonta ganti," tegasnya.

“Kami gak halang-halangi temen-temen Polisi di daerah, punya mobil banyak. Tapi istri jangan diupload-upload diperlihatkan, jangan diperlihatkan sehingga masyarakat nyinyir,” urainya.

Selain itu, Adies mengkritisi sikap Kapolres yang tidak sama dengan pimpinan Polri di pusat yang mana selalu merespon setiap peristiwa secara interaktif.

"Saya mengenal Pak Kapolri, Pak Gatot, Pak Agus, Pak Agung, Pak Dhofiri, sudah lama. Setiap saya berkomunikasi saya WA, telepon, dan perilaku hidup ybs sampai saat ini biasa saja. Tetap komunikasi kami baik, tapi kalau kita lihat di bawah tingkat di Kapolres, sudah seperti raja-raja kecil. Kadang telepon saja tidak diangkat. Wa tidak dibalas,"  tandas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X