Ada Patung, Taman, & Nama Jalan Soekarno di Sejumlah Negara Lain, Tapi Tidak di Belanda

- Senin, 17 Agustus 2020 | 12:26 WIB
Patung, taman, dan nama jalan Soekarno ada di berbagai negara. (Instagram/Kartikasoekarnofoundation)
Patung, taman, dan nama jalan Soekarno ada di berbagai negara. (Instagram/Kartikasoekarnofoundation)

Penghormatan terhadap presiden pertama Republik Indonesia Soekarno rupanya tidak hanya di Indonesia. Sejumlah negara lain di berbagai belahan dunia juga menghormati sosok yang dikenal punya banyak istri itu.

Di antaranya ada Meksiko, Mesir, Maroko, dan Pakistan. Foto-fotonya diunggah oleh Kartika Sari Dewi Soekarno, putri Soekarno dari istri Jepangnya, Ratna Sari Dewi alias Naoko Nemoto.

"Negara-Negara lain seperti Meksiko, Mesir, Maroco Dan Pakistan juga menghormati Ayah saya dengan menjadikan Nama Sukarno sebagai nama jalan, taman dan bahkan patung," tulis Kartika melalui unggahnya di Instagram.

-
Taman Soekarno di Meksiko.

Namun di Belanda, negara yang menjajah Indonesia selama ratusan tahun dan menguras kekayaan alam Nusantara terutama rempah-rempahnya, justru tidak melakukan hal yang sama.

-
Patung Soekarno di Meksiko.

 

"Menarik sekali bahwa Belanda belum melakukan tindakan serupa, terutama kalau megingat sejarah kolonial antara Belanda dan Indonesia. Saya berharap pemerintah Belanda membaca unggahan saya ini dan segera bertindak," lanjut Kartika, yang kini tinggal di Belanda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kartika Soekarno Foundation (@kartikasoekarnofoundation) on

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Bung Karno hadir di Mexico City, dalam bentuk patung perunggu setinggi 2,6 meter, dengan latar belakang lima buah pilar beton, yang semua puncaknya dihiasi pot kembang. Berpeci dan mengenakan “jas revolusionernya”, patung Bung Karno berdiri di atas meja beton setinggi 1 meter dan menatap lurus ke arah jantung Mexico City.

Patung dengan warna bronze itu diresmikan oleh Menteri Kordinator PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Puan Maharani, Kamis (27/9/2019). 

Kehadiran Puan Maharani itu menandai diresmikannya Parque (taman) Soekarno, di tengah keramaian Distrik Lomas Virreyes, di jantung Mexico City.

‘’Kehadiran patung Soekarno di Mexico City ini kami maknai sebagai sebuah penghormatan yang tinggi dari rakyat Meksiko kepada kami, Bangsa Indonesia pada umumnya, serta keluarga Presiden Soekarno pada khususnya,” ujar Puan Maharani dalam sambutannya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X