Jokowi Minta Sisir Kembali Anggaran Belanja yang Tidak Penting

- Selasa, 14 April 2020 | 11:39 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: ANTARA/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Foto: ANTARA/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kembali kepada jajaran kementerian, lembaga dan juga pemerintah daerah untuk menyisir kembali anggaran-anggaran pada 2020.

Jokowi meminta kepada seluruh komponen tersebut agar menyisir kembali anggaran belanja yang tidak perlu, tidak prioritas, serta tidak langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Pangkas belanja-belanja yang tidak prioritas, sekali lagi pangkas belanja-belanja yang tidak prioritas," ucap Jokowi dalam video conference, Selasa (14/4/2020).

-
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan kalau pada saat ini, seluruh kementerian, lembaga dan Pemda untuk memotong rencana belanja yang tidak mendesak, seperti perjalanan dinas, rapat-rapat, dan lain-lain.

"Fokuskan semuanya, fokuskan semua kekuatan kita pada upaya penanganan COVID-19 baik di bidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial ekonominya," terangnya.

Jokowi pun tak lupa mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran pemerintahan agar memprioritaskan tiga hal, yakni kesehatan, pengaman sosial, dan stimulus bagi pelaku usaha.

"Sudah berkali-kali saya sampaikan jangan sampai lari dari tiga prioritas yang saya sudah sampaikan yaitu kesehatan COVID-19, kedua jaring pengaman sosial, dan ketiga stimulus bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha," tutup Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X