Terkesan Glamour, Ini 5 Fakta Menarik Ajang Oscar yang Kamu Harus Tau

- Senin, 10 Februari 2020 | 14:12 WIB
Peraih piala Oscar terbanyak (REUTERS/Eric Gaillard)
Peraih piala Oscar terbanyak (REUTERS/Eric Gaillard)

Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 yang digelar pada Senin (10/2/2020), menjadi salah satu acara yang menyita perhatian banyak orang.

Acara ini sendiri merupakan penghargaan bergengsi bagi insan perfilman. Para aktor, aktris dan film yang masuk dalam daftar nominasi Oscar, adalah orang-orang yang perjalanan kariernya dalam dunia perfilman patut diperhitungkan.

Sebelum mengetahui siapa saja aktor dan aktris yang berhasil menyabet gelar juara dalam ajang bergengsi yang dilaksanakan di Dolby Theatre, Los Angeles, AS tersebut, ada baiknya jika kamu mengetahui sejumlah fakta menarik dari Oscar 2020. Berikut ini ulasannya.

1. Sejarah pemberian nama Oscar

-
Ajang bergengsi Oscar 2020 (instagram/@bellawebpuntoit)

Nama Oscar dalam ajang bergengsi itu bukannya berasal dari nama seseorang, melainkan dari nama pialanya sendiri. Oscar adalah nama dari piala yang memiliki berat sebesar 3,8 kg, buatan panitia Academy Awards.

Nama ini berasal dari seorang kerabat yang bekerja di Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Nama piala Oscar sebenarnya adalah "The Academy Award of Merit". Namun, karena terlalu panjang, orang-orang menyingkatnya dengan sebutan Oscar.

2. Tamu dalam Oscar harus orang terkenal

-
Donald Sylvester menjadi salah satu tamu dalam ajang Oscar (REUTERS/Lucas Jackson)

Karena Oscar merupakan ajang bergengsi di dunia, maka orang-orang yang mengisi kursi para tamu pun bukan orang sembarangan. Setiap tahunnya, pihak panitia penyelenggara memiliki sistem tersendiri untuk memilih siapa saja yang bisa masuk dan duduk di kursi tamu.

Selain para aktor dan aktris, tamu di ajang Oscar ini juga bisa berasal dari teman atau orang dalam industri film atau kerabat yang bekerja di Pricewaterhouse Coopers. Ini adalah sebuah perusahaan yang menangani soal perhitungan voting pemenang Oscar.

3. Aturan Oscar yang ternyata cukup ketat

-
Aktris Renee Zellweger saat menghadiri ajang Oscar 2020 (REUTERS/Lucas Jackson)

Para aktor atau aktris serta tamu undangan yang hadir dalam ajang bergengsi ini, harus menaati aturan. Seorang wanita bernama Monica Enriquez, yang sudah 15 tahun menjadi tamu di ajang Oscar mengatakan, ada banyak aturan yang harus diikuti.

Para aktor dan aktris serta tamu di ajang Oscar harus menggunakan busana sesuai dress code, yang biasanya formal atau glamour. Tak hanya itu, para tamu yang bukan berasal dari kalangan artis tak boleh berbicara dengan aktris lain di ajang Oscar. Mereka boleh berbicara, saat aktris tersebut yang memulainya.

4. Pemenang Oscar tak boleh berpidato lama-lama

-
Joaquin Phoenix saat berpidato di atas panggung usai menyabet gelar juar Best Actor (REUTERS/Mario Anzuoni)

Para aktor dan aktris yang memenangkan kategori dalam Oscar 2020, dilarang untuk menyampaikan pidato lebih dari satu menit. Jika aktor atau aktris berbicara lebih dari waktu yang ditentukan, maka musik Orchestra akan langsung berputar sebagai tanda pidato harus segera berakhir.

5. Piala Oscar tak selalu berwarna emas

-
Hildur Gudnadottir tampak bahagia memegang piala Oscar (REUTERS/Lucas Jackson)

Piala dari ajang bergensi ini kerap berwana keemasn berkilau. Tapi, taukah kamu jika piala Oscar tak selalu berwarna emas lho! Pada masa Perang Dunia II, piala Oscar dibuat dengan plester yang dicat, bukan dari perunggu solid dan emas 24 karat. Ini karena pada masa itu, bahan logam untuk piala mengalami kekurangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X