BPBD DKI Klaim Banjir di Jakarta Berhasil Surut Kurang dari 6 Jam

- Senin, 15 November 2021 | 12:36 WIB
Petugas PPSU tengah membersihkan lumpur pasca banjir terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (13/11/2021). (ANTARA/Walda)
Petugas PPSU tengah membersihkan lumpur pasca banjir terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (13/11/2021). (ANTARA/Walda)

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Sabdo Kurnianto mengklaim bahwa banjir di sejumlah wilayah ibu kota yang diakibatkan curah hujan yang tinggi pada Sabtu, 13 November dapat surut dalam waktu kurang dari 6 jam.

Sabdo menjelaskan, kawasan Jakarta Timur dan Selatan yang terdampak banjir telah surut pada pukul 23.59 WIB. Ia pun menyebutkan hal tersebut berkat kolaborasi yang dilakukan oleh berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

“Personel gabungan Pemprov DKI yang dilengkapi dengan peralatan langsung bergerak cepat dalam menangani genangan. Melihat curah hujan yang tinggi, seluruh jajaran Pemprov DKI akan terus bersiaga untuk meminimalisir dampak genangan/banjir,” ucap Sabdo, Senin (15/11/2021).

Berdasarkan data dari BPBD DKI, sebagian besar wilayah yang terdampak genangan dan banjir di Jakarta Timur dapat surut dalam waktu sekitar 2 jam, dengan ketinggian 40-60 cm, seperti yang terjadi di Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Makasar, dan Kelurahan Kebon Pala.

Sedangkan, untuk titik genangan di Kelurahan Cililitan, Kelurahan Tengah, dan Kelurahan Rambutan, air dapat surut dalam waktu sekitar 3-4 jam.

BACA JUGA: Diundang untuk Mediasi, Luhut Sambangi Polda Metro Jaya

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, genangan yang terjadi di Kecamatan Mampang Prapatan, tepatnya di Jl Kemang Utara IX akibat luapan Kali Kemang dapat ditangani dan surut dalam waktu 2 jam.

“Sebagai tindak lanjut, kami juga terus memantau perkembangan genangan/banjir dan tinggi muka air di pintu-pintu air. Meski tinggi muka air bervariasi kemarin, tetapi dari pantauan kami tidak ada yang sampai berstatus awas atau siaga 1,” tambah Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal.
    

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X