Jelang Rilis Suku Bunga Acuan BI, IHSG dan Rupiah Bergerak Positif

- Kamis, 16 Juli 2020 | 10:15 WIB
Ilustrasi uang dolar dan rupiah. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Ilustrasi uang dolar dan rupiah. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah bergerak positif pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (16/7/2020). Pukul 09.24 WIB, IHSG bergerak naik 24 poin atau setara 0,48% ke level 5100,164. 

Volume saham yang sudah ditransaksikan pagi ini sebanyak 1,8 miliar saham, dengan nilai transaksi mencapai Rp1,2 triliun. Investor asing tercatat melakukan aksi beli di seluruh pasar, senilai Rp1,36 miliar dan Rp24,32 miliar di pasar regional. 

Tim analis Indo Premier Sekuritas sebelumnya memprediksi IHSG pada perdagangan hari ini akan berbalik menguat setelah kemarin tertekan tipis 0.07% ke level 5,076.

Disebutkan bahwa menguatnya indeks bursa global yang dipicu oleh harapan investor akan vaksin covid-19 dan lebih baiknya kinerja emiten di kuartal kedua tahun ini, khususnya emiten perbankan, akan menjadi sentimen positif untuk IHSG. 

Sementara itu naiknya sebagian besar harga komoditas seperti harga minyak mentah, CPO, emas dan batubara serta mulai pulihnya penjualan otomotif, berpeluang menjadi tambahan sentimen positif di pasar.

"Investor juga akan mencermati keputusan Bank Indonesia terkait 7 DRRR yang menurut konsensus akan kembali dipangkas 25bps menjadi 4.00%. IHSG diprediksi akan menguat dengan support di level 5,030 dan resistance di level 5,120," papar Tim Analis Indo Premier pagi ini.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada waktu yang sama juga mengalami penguatan. Rupiah tercatat menguat 31 poin atau setara 0,21% ke level Rp14.549 per dolar AS. 

Rupiah tercatat menjadi jawara dibandingkan dengan mata uang utama negara-negara Eropa, dan juga Asia. Di Asia, rupiah hanya melemah terhadap mata uang dolar Taiwan saja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X