Operasi Ketupat 2020, Polri Bikin 58 Titik Pos Pantau di Indonesia

- Jumat, 24 April 2020 | 10:09 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Humas Mabes Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Humas Mabes Polri)

Operasi Ketupat 2020 sudah dimulai sejak hari ini hingga 37 hari ke depan. Mabes Polri menyebut pihaknya sudah membuat 58 titik pos pantau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan penempatan pos-pos pantau itu dilakukan setelah pihaknya menggelar rapat. Hasilnya, sebanyak 58 titik pos pantau tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Dari Lalu Lintas sudah diteksi berapa jumlah titik setelah kita lakukan perhitungan. Kemudian evaluasi untum operasi ketupat ini jadi Lalu Lintas menempatkan 58 titik di seluruh Indonesia," kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (24/4/2020).

Sasaran dari pos pantau itu masih sama yakni seputar larangan mudik untuk masyarakat. Argo mengatakan pihaknya melakukan tindakan yang humanis saat menemui masyarakat di pos pantau itu yang hendak mudik.

"Cara bertindak kita lakukan penyekatan. Kita sosialisasi dulu kepada masyarakat untuk tidak mudik. Jangan jadi penyebar virus corona di kampungnya," ungkap Argo.

Selain itu, Argo mengatakan pihaknya menggandeng berbagai instansi terkait untuk ikut menjaga di pos pantau tersebut. Polisi menggandeng TNI hingga unsur dari pemerintah untuk ikut serta dalam Operasi Ketupat 2020 ini.

"Kita bentuk pos pengamanan terpadu. Kita kemudian selalu bersinergi dengan TNI dan instansi lain," kata Argo.

Berikut daftar jumlah pos pantau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia:

  1. Banten enam titik.
  2. DKI Jakarta 18 titik.
  3. Jawa Barat 17 titik.
  4. Jawa Tengah lima titik.
  5. Yogyakarta lima titik.
  6. Jawa Timur sembilan titik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X