Cegah Penularan Virus Corona, Ini Strategi Baru Pemerintah

- Sabtu, 14 Maret 2020 | 18:24 WIB
Juru bicara penanganan virus Corona, Achmad Yurianto saat Konpres di Gedung BNPB, Jakarta Pusat. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Juru bicara penanganan virus Corona, Achmad Yurianto saat Konpres di Gedung BNPB, Jakarta Pusat. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Pemerintah kini memanfaat semua komponen bangsa untuk untuk melawan virus corona yang kini semakin luas menyebar. Hal ini dilakukan dengan tidak fokus kepada mereka yang sakit, tetapi berupaya menjaga orang yang sehat agar tidak menjadi sakit.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, kunci dari penanganan kasus virus corona ini adalah menjaga semua masyarakat yang sehat agar tidak sampai tertular atau sakit.

"Jadi sekarang tugas kita adalah menjaga orang yang sehat jangan sampai sakit. Bukan kemudian diartikan mencari orang sakit untuk diobati," kata Yuri di Gedung BNPB, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020)

Ia menambahkan peningkatan kasus pasti diawali dengan penularan dari orang yang positif terinfeksi virus sehingga langkahnya adalah memutus penularan dengan cara-cara yang lebih masif, terintegrasi dan melibatkan semua komponen masyarakat.

"Orang yang tertular pasti dari mereka yang positif terkena virus karena itu kami akan melibatkan seluruh komponen yang ada untuk mencari, menemukan dan mengisolasi penderita kasus Covid ini," ujarnya

Nantinya setiap informasi yang berkaitan dengan Covid-19 yang dibawa ke rumah sakit akan langsung ditelusuri dengan mencari siapa dia berinteraksi hingga tertular, termasuk orang-orang dekat yang berhubungan dengannya.

"Awalnya dari informasi tracing, di mana setiap kasus positif yang dibawa ke rumah sakit akan kita tindaklanjuti dengan langsung menanyakan ketularan siapa dan menulari siapa. Bisa jadi dia bilang baru pulang dari negara yang epidemis misalnya Korea Selatan. Maka kita akan kejar selama di Indonesia dia berhubungan dengan siapa saja. Dan orang yang kita cari akan kita tracing untuk mencegah penularan," bebernya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X