Polisi Bongkar Pabrik Vape Sabu di Jakbar, Bahan Baku Dikirim dari Iran dan Hong Kong

- Senin, 16 Januari 2023 | 08:35 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo. (Z Creators/Eddy Suroso)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo. (Z Creators/Eddy Suroso)

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta mengungkap sindikat narkoba jenis sabu yang dijadikan vape liquid. Penggerebekan itu dilakukan di sebuah rumah di Jalan Melati Nomor 19, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat pada Sabtu, 14 Januari 2023 lalu.

Bahan baku barang haram itu masuk dari perdagangan narkoba internasional Iran-China-Hong Kong. Dalam penggerebekan ini, satu orang berinisial M-R ditetapkan sebagai tersangka.

“Tersangka MR ini merupakan WNI dengan alamat yaitu Kemanggisan Raya, Palmerah, Jakarta barat. Sejauh ini proses dikembangkan karena merupakan sindikat internasional,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Dari penggerebekan ini, ratusan botol liquid atau sabu cair disita. Bahkan, ada beberapa yang sudah siap diedarkan. 

"Barang bukti sebanyak 385 botol dengan berat kurang lebih 16 liter. Siap edar dan sudah ada yang siap kirim juga," ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa. 

Baca juga: Fakta-fakta Satu Keluarga Keracunan di Bekasi, Tetangga Dengar Jerintan Dalam Kontrakan

Tak hanya itu saja, pelaku juga menjual sabu liquid tersebut secara bebas di situs online miliknya dengan harga Rp200 ribu per botolnya untuk ukuran 100 miligram. 

“Jadi, dari pemeriksaan sementara, pelaku ini baru akan menjual liquid yang diproduksi ke sejumlah pemesan yang berada di Wilayah Jabotabek," imbuhnya. 

Bahan baku pembuatan narkotika ini berasal dari Iran kemudian dibawa ke Hong Kong baru masuk ke Indonesia. Aksi pengiriman ini sudah dua kali dalam waktu yang berdekatan. Bahan bakunya ini dikirim dalam bentuk silika gel.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X