Ini Tips Terhindar dari Perampokan Modus Pecah Kaca Versi Polda Metro

- Rabu, 6 Mei 2020 | 14:34 WIB
Aksi perampokan di dekat McD Bojongsari, Depok, Jawa Barat (Instagram/@infodepok_id)
Aksi perampokan di dekat McD Bojongsari, Depok, Jawa Barat (Instagram/@infodepok_id)

Pasca insiden viral percobaan perampokan dengan modus pecah kaca mobil di Depok membuat seluruh warga harus lebih waspada. Polda Metro Jaya memiliki beberapa tips agar terhindar dari aksi kejahatan dengan modus pecah kaca mobil.

"Kita punya lima tips agar terhindar dari pencurian pecah kaca," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Tips pertama dikatakan Yusti yakni mencari parkiran yang aman sebelum memarkirkan kendaraan. Terkadang masyarakat asal memarkirkan kendaraanya dan malas mencari titik-titik parkiran yang lebih aman dibandingkan parkiran yang lain.

"Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau oleh pemilik mobilnya," kata Yusri.

Yusri menyarankan agar menghindari parkiran yang jauh dari tempat keramaian atau cenderung sepi. Ada malam hari, polisi menyaranakan agar mesyarakat menghindari parkiran yang gelap.

-
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Tips kedua yakni, tidak menutup kaca mobil dalam keadaan penuh saat parkir. Hal itu dilakukan dengan tujuan menyulitkan pelaku perampokan modus pecah kaca mobil yang menjadi targetnya.

"Misalnya parkir di siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak satu cm sebagai jalur sirkulasi udara. Dengan begitu, pelaku pencurian pecah kaca mobil akan kesulitan memecahkan kaca dengan pecahan busi," ungkap Yusri.

Tips ketiga yakni mengaplikasikan alarm pada mobil. Bahkan kalau bisa masyarakat diimbau untuk memasang alarm ganda pada mobilnya saat diparkirkan.

"Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan," papar Yusri.

Tips berikutnya yaitu memasang kaca film pada mobil. Pemilihan kaca film yang gelap dan tentunya tidak menganggu pandangan pemilik mobil saat berkendara sangat dianjurkan polisi agar para pelaku kejahatan kesulitan melihat barang-barang yang berada dalam mobil yang menjadi targetnya.

"60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Untuk itu disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar tapi tidak mengganggu visibilitas berkendara," kata Yusri.

-
CCTV perampokan Rp80 juta yang viral di Depok. (Instagram/@infodepok_id)

Tips kelima atau terakhir yaitu menyimpan barang-barang ditempat yang amat. Sangat tidak dianjurkan menyimpan barang berharga di kursi dalam mobil apalagi barang tersebut dapat terlihat dari luar mobil.

"Bisa menyimpan barang berharga di tempat tertutup dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci atau bagasi, juga bisa manfaatkan tray penutup dibagasi bagi pemilik mobil SUV atau hatchback," kata Yusri.

"Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil atau ditutupi dengan benda gelap  agar dari luar mobil terlihat samar," pungkas Yusri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X