Viral Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta, Sejumlah Artis Ikut Komentar

- Sabtu, 27 Juli 2019 | 12:28 WIB
photo/Ist/photo/Instagram/@therealdisastr/@melaniesubono/@fenirose
photo/Ist/photo/Instagram/@therealdisastr/@melaniesubono/@fenirose

Beberapa waktu, media sosial sedang ramai membicarakan soal postingan seseorang yang mengaku lulusan baru (fresh graduate) dari Universitas Indonesia (UI). Dalam postingan yang diunggah di Instastory, lulusan UI tersebut menuliskan cerita pengalamannya saat interview di sebuah perusahaan.

Dalam interview itu dia mendapat tawaran gaji pertama Rp8 juta. Namun, dia justru menolak tawaran gaji yang terbilang cukup besar untuk lulusan baru itu. Kata-kata yang dilontarkannya itu pun langsung viral. Bahkan, tagar #LulusanUI dan #Gaji8Juta pun menjadi trending topic di Twitter.

“Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok,” demikian isi postingan Insta Story tersebut.

-
photo/Ist

Setelah postingan itu viral, beberapa orang merasa kesal. Menurut mereka, kata-kata yang dituliskan si lulusan UI itu seolah tidak bersyukur dengan apa yang didapatnya. Selain itu, dia juga dinilai telah meremehkan mahasiswa dari kampus lain.

Tanggapan Pihak Universitas Indonesia

Menanggapi postingan yang sedang viral itu, Kepala Kantor Humas dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti menyatakan hal tersebut merupakan bentuk ekspresi anak muda melalui media sosial. Ia juga enggan menanggapi lebih banyak lantaran identitas pemilik akun yang menulis postingan itu belum kelihatan dan belum dapat dipastikan apakah benar lulusan Universitas Indonesia

-
photo/Dok.Universitas Indonesia

"Jadi kalau ditanya tanggapannya, kami juga tidak bisa banyak berpendapat. Pertama, identitas tidak ketauan, bisa jadi bukan alumni kami" kata Rifelly dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7).

Namun, dia mengatakan, apabila postingan itu ternyata benar milik alumni UI, maka itu sangat disayangkan. Rifelly berharap masyarakat tidak langsung memberi cap negatif terhadap seluruh lulusan UI akibat postingan itu. 

"Ya kalaupun benar itu alumni kami, sangat tidak bijak kalau kita langsung menggeneralisir pendapat dia tersebut sebagai pendapat seluruh lulusan UI," katanya.

Komentar Para Artis: Dian Sastro, Melanie Subono, dan Feni Rose

-
photo/Instagram/@therealdisastr/@melaniesubono/@fenirose

Rupanya, postingan viral itu tak cuma dikomentari para netizen, tapi juga beberapa artis Indonesia yang ikut geram. Di antaranya, Dian Sastrowardoyo, Melanie Subono, dan Feni Rose. Mereka menyayangkan kata-kata orang yang mengaku lulusan UI tersebut. Merasa perlu bersuara, ketiga artis itu pun memberi komentar melalui Instagram mereka masing-masing.

Dian Sastrowardoyo yang juga lulusan dari UI menceritakan pengalamannya ketika mendapat gaji pertama pasca lulus dari kampus kuning tersebut. Dia mengaku kala itu dia hanya menerima gaji di bawah Rp8 juta. Tapi, dia bangga karena pengalaman yang dia dapatkan jauh lebih besar daripada hitungan gaji yang diterima setiap bulan.

"Jamannya gw ngantor fresh graduate dulu, gw gaji pertama di bawah 8 juta. Tapi itu dulu ya tahun 2008. 11 tahun yang lalu," tulis Dian dalam instastory-nya.

"Tapi asli gue bangga banget dan bersyukur banget sudah dapat kesempatan bisa diterima di kantor konsultan manajemen multinasional, walaupun gw sempet ngartis (karena konotasinya jadi artis atau orang industri kreatif itu: gak kompeten). #LulusanUI #BedaGenerasi," lanjutnya.

-
photo/Instagram/@therealdisastr

"Tapi asli, kesempatan belajar itu gak bisa divaluasi dengan nilai uang. Karena yang ngerasain elo sendiri. Dude, jaman lagi susah. Dapet kerjaan aja sudah Alhamdulillah. People are getting laid off everyday now. Enggak ngaruh loe lulusan mana. Gue juga #LulusanUI tapi biasa aja kalee," tulis Dian sebagai penutup.

Selanjutnya, artis dan musisi Melanie Subono juga memberikan komentar melalui akun Instagram miliknya @melaniesubono, pada Rabu (24/7). "Berapa gaji yang cucok untuk nak muda zaman now?," tulisnya sebagai caption.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X