The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anti Ribet! Pesan Taksi di Kota Ini Cukup Pencet Tombol Panggilan di Pinggir Jalan
Semua grup taksi punya tombol pemesanan atau panggilan (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Travel

Anti Ribet! Pesan Taksi di Kota Ini Cukup Pencet Tombol Panggilan di Pinggir Jalan

Jumat, 19 Agustus 2022 15:38 WIB 19 Agustus 2022, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Banyak pilihan transportasi untuk menjelajah kota resor Antalya, di selatan Turki. Selain tram dan bus, wisatawan umumnya memilih taksi, karena lebih cepat dan nyaman. Penumpang bisa memesan taksi melalui telepon, lewat aplikasi, datang langsung ke pangkalan taksi, mencegat di jalan atau memencet Cagri Butonu alias tombol panggilan.

tombol pemesanan taksi
Kompleks apartemen dilengkapi tombol pemesanan taksi (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Tombol panggilan tersebar di hampir seluruh penjuru kota. Mulai dari jalan raya, perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat-tempat wisata sampai permukiman. Hampir semua kompleks apartemen di kota Antalya dilengkapi tombol panggilan taksi, di luar gerbang.

Cara memesan taksi lewat tombol panggilan, gampang banget! Cukup menekan tombol dan tunggu taksi di situ. Tombol terhubung langsung dengan pangkalan, sesuai grup taksi.

tombol pemesanan taksi turki
Uniknya cara pemesanan taksi di Antalya (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Ada puluhan grup taksi di kota Antalya. Semua dikelola perorangan, bukan perusahaan.  Sopir-sopir taksi membentuk kelompok kerja, untuk mendapatkan izin beroperasi. Setiap kelompok atau grup, anggotanya bisa mencapai 80 sopir. Mereka mendirikan pool atau pangkalan, sesuai wilayah operasi. Secara bergantian, mereka mengelola sistem pemesanan taksi.

tombol pemesanan taksi
Pangkalan taksi berlokasi sesuai wilayah operasi (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Ada belasan ribu armada taksi di seluruh kota Antalya. Standar dan sistem pemesanan untuk semua grup taksi, sama. Sopir taksi engga boleh sembarangan mengangkut penumpang yang berada di wilayah orang lain.

Ergun Senel, salah seorang sopir taksi menjelaskan sistem kerja mereka.

“Jika taksi saya kosong dan ada penumpang yang ingin naik, saya akan bertanya apakah dia sudah memencet tombol pemesanan? Atau sudah memesan taksi lain? Kalau mereka bilang sudah, saya tidak bisa mengangkut penumpang tersebut, karena bukan wilayah operasi saya. Kalau mereka bilang belum, barulah saya bisa mengangkut mereka." Ujar Ergun, kepada Tim Z Creators, Elisa Oktaviana. 

Seluruh taksi di kota Antalya menggunakan sistem argometer. Untuk 1 kilometer pertama, tarifnya 10 TL (Rp8200). Untuk setiap kilometer berikutnya 12 TL (Rp9800). Kalau tempat tujuan kurang dari 2 km, penumpang harus membayar 25 TL (Rp20 ribu).

Tarif khusus berlaku untuk taksi yang beroperasi di bandara. Kita bisa membayar secara cash atau menggunakan kartu kredit, tergantung grup taksi.

tombol pemesanan taksi
Pesan taksi anti ribet (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Selain melayani rute dalam kota, taksi di Antalya juga lazim membawa wisatawan ke luar kota. Enggak perlu tawar menawar, karena setiap pengelola taksi memiliki tarif carter resmi. Jasa ini lebih praktis dibandingkan menyewa mobil. Juga, lebih hemat karena enggak perlu membayar biaya ekstra untuk bahan bakar.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US