The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menyusuri Helensburgh Glow Worm Tunnel, Terowongan yang Memancarkan Cahaya Biru
Terowongan Helensburgh di Australia. (Facebook/Earth story)
Travel

Menyusuri Helensburgh Glow Worm Tunnel, Terowongan yang Memancarkan Cahaya Biru

Rabu, 25 Januari 2023 18:35 WIB 25 Januari 2023, 18:35 WIB

INDOZONE.ID - Kota kecil Helensburgh di Australia salah satu tempat yang paling menakjubkan di dunia. Di sana terdapat terowongan kereta api terbengkalai. Saat malam hari tempat ini sangat menakutkan.

Terowongan Helensburgh adalah terowongan rel yang ditinggalkan di Helensburgh, New South Wales yang terkenal dengan cerita hantu yang mengelilinginya maupun koloni cacing pendar yang memberinya cahaya biru bioluminescent yang ikonik.

Baca juga: Seru! Ternyata Akuarium Terowongan Terbesar di Dunia Ada di Turki, Ada Tempat Main Salju

Dilansir Oddity Central, awalnya terowongan ini dikenal sebagai terowongan Metropolitan. Lorong bawah tanah sepanjang 624 meter ini diresmikan pada akhir abad ke-19 dan digunakan untuk mengangkut batu bara dari tambang lokal ke pinggiran kota.

Dibuka pada tanggal 1 Januari 1889, terowongan Metropolitan Helensburgh tetap beroperasi sampai tahun 1915, sampai akhirnya ditutup secara resmi.

Terowongan Helensburgh
Terowongan Helensburgh. (Facebook/CCTV)

Paparan asap dan jelaga selama bertahun-tahun dari batu bara membuat terowongan tidak aman untuk dilewati awak kereta dan penumpang, sehingga jalur kereta digandakan dan terowongan ditinggalkan. Salah satu ujungnya ditutup dan seluruh tempat diubah menjadi reservoir untuk keperluan penambangan.

Selama bertahun-tahun, terowongan dipenuhi oleh semak-semak belukar dan kebanyakan orang lupa bahwa terowongan itu pernah ada.

Kemudian tahun 1995 Metropolitan Colliery memutuskan untuk mengeringkan terowongan yang banjir, membersihkan puing-puing di dalam dan sekitarnya, dan mengubah situs tersebut menjadi daya tarik sejarah. Namun, mereka tidak menyangka bahwa upaya mereka pada akhirnya akan menghasilkan tontonan alam yang unik.

Baca juga: Ada Terowongan Misterius di Bawah Gedung Merdeka Bandung, Konon Jadi Penjara Mengerikan

Setelah restorasi awal, terowongan kereta api tua menjadi rumah koloni cacing pendar yang sejak saat itu menjadi salah satu yang terbesar di seluruh New South Wales. Cacing-cacing menutupi langit-langit terowongan, memancarkan cahaya biru yang khas untuk menarik mangsa.

Terowongan itu akhirnya dikenal sebagai Helensburgh Glow Worm Tunnel, dan orang-orang dari seluruh Australia mulai melakukan perjalanan untuk melihat sendiri pertunjukan cahaya alami berwarna biru.

Foto dan video yang memperlihatkan keindahan terowongan ini pun viral yang kemudian membuat tempat tersebut menjadi objek wisata internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat
Editor
Fitri
Writer
JOIN US
JOIN US