Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan ajang Kampanye Beli Kreatif Danau Toba Fair 2021 di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Jumat (19/2/2021).
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan kampanye itu diinisiasi dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tahun lalu dan kita teruskan di tahun ini.
Untuk itu, Kemenparekraf mendukung gerakan tersebut dalam program Beli Kreatif Danau Toba.
Hal ini dilakukan untuk membangun dan meningkatkan minat masyarakat agar lebih mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Indonesia atau yang disebut artisanal.
Pasalnya, pelaku UMKM memiliki peran yang besar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.
Secara statistik pelaku UMKM memberikan kontribusi kepada PDB sebesar 60 persen dan menyerap 90 persen tenaga kerja.
“Maka dari itu, mari kita cintai produk lokal Indonesia,” ujar Angela dikutip dari Antara.
Dia juga mengatakan terpilihnya Danau Toba dalam program ini, karena menjadi salah satu bagian dari 5 destinasi super prioritas (DSP) yang memiliki potensi alam dan produk kreatif yang luar biasa.
Dalam program Beli Kreatif Danau Toba, Angela menuturkan Kemenparekraf/Baparekraf akan melakukan pendampingan bagi artisan untuk go digital dan membuat berbagai macam festival untuk memperkenalkan karya-karya Danau Toba dan wilayah di Sumatera Utara lainnya.