The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Inggris Melarang Penggunaan Piring Hingga Sendok Plastik
Tampilan penggunaan piring plastik. (photo/Ilustrasi/Pexels/Lisa)
Travel

Pemerintah Inggris Melarang Penggunaan Piring Hingga Sendok Plastik

Kamis, 25 November 2021 16:06 WIB 25 November 2021, 16:06 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian negara sudah mengeluarkan aturan mereka untuk kurangi penggunaan plastik untuk menjaga kesehatan dari Bumi. Langkah ini dilakukan oleh Pemerintah Inggris yang mulai melarang penggunaan piring, gelas, sendok, hingga garpu dari bahan plastik polistirena. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik. 

Kebijakan itu merupakan lanjutan usai Inggris melarang sejumlah barang yang berasal dari plastik. Melihat hal itu, Menteri Lingkungan Inggris yaitu George Eustice memberikan komentarnya. 

"Ada pernyataan sah soal kerusakan yang disebabkan oleh plastik terhadap lingkungan dan kehidupan laut kita pada khususnya. Kami ingin mengurangi penggunaan plastik kemasan dan melarang penggunaan barang-barang yang identik dengan buang sampah sembarangan," ungkapnya dalam sebuah pernyataan, melansir REUTERS. 

"Kami melarang sedotan plastik, pengaduk, dan cotton buds dan sekarang berencana untuk memperluas larangan tersebut ke peralatan makan dan stik balon dan memilih bahan alternatif, seperti kayu," jelasnya. 

Jika dilihat berdasarkan data, Inggris dilaporkan telah menggunakan 1,1 miliar piring sekali pakai dan 4,25 miliar peralatan makan sekali pakai per tahunnya. Di sisi lain, pemerintah juga mengatakan bahwa sumber sampah plastik lainnya, seperti dengan tisu, sachet, hingga dengan cangkir sekali pakai akan masuk ke dalam kebijakan larangan itu. 

Inggris bukan menjadi negara pertama yang melakukan hal itu. Langkah serupa juga sudah dilakukan oleh Pemerintah Skotlandia, Wales, hingga Irlandia Utara. Gimana guys, menurut kamu mengenai kebijakan yang satu ini? Apakah kebijakan ini sangat bagus untuk dilakukan? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US