HOMARA, Relief Bersejarah Soekarno Hingga Menu Unik Makanan Nusantara
Relief bersejarah peninggalan Soekarno depan pintu HOMARA Restaurant (Indozone/Wilfridus Kolo)
Travel

HOMARA, Relief Bersejarah Soekarno Hingga Menu Unik Makanan Nusantara

Memiliki jiwa seni tinggi

Jumat, 06 Desember 2019 14:16 WIB 06 Desember 2019, 14:16 WIB

INDOZONE.ID - Hotel Grand Inna Samudra Sukabumi bukan sekedar hotel biasa. Hotel ini memiliki sejarah panjang karena dibangun oleh Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Beliau kadang menyempatkan diri untuk beristirahat di Hotel tersebut.

Hal yang paling mencolok dari Hotel yang terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ini adalah beberapa relief bersejarah yang ditampilkan di area Hotel. 

Relief ini berusia kurang lebih 57 tahun, karena dibawa Soekarno sejak tahun 1962 bersamaan dengan berdirinya Hotel Grand Inna Samudra Sukabumi.

GM Graha Inna Samudra Sukabumi, Dharmawel Chaniago berbagi cerita bahwa relief tua yang ditampilkan di beberapa ruangan merupakan karya seni yang dibawa Presiden pertama RI itu sejak 1962 dan masih terjaga hingga sekarang.

"Ada beberapa relief di dinding dan pintu masuk HOMARA, ada juga di depan kolam renang dan satu lagi di ruang dekoratik. Beliau yang memberikan untuk hotel ini. Beliau kan memiliki jiwa seni tinggi, jadi tidak hanya di Grand Inna Sukabumi tetapi di beberapa hotel juga ada seperti Grand Bali Beach, pulau dewata," kata Chaniago pada Indozone, Kamis (6/12).

Pada relief yang terbuat dari kayu jati itu, secara detil pemahat menggambarkan kehidupan orang Sukabumi, suku Sunda masa lampau yang penuh dengan kerukunan, kehidupan bahagia dan kesenian yang tinggi.

Relief tersebut merupakan ukiran tentang kehidupan, yang mengangkat filosofi daerah itu sendiri. 

"Contoh yang di dinding HOMARA menggambarkan kehidupan nelayan yang ada di Pelabuhan Ratu, khusus Sunda. Ada nelayan, ada petani, ada kehidupan harian mereka yang dituangkan dalam bentuk relief pahatan kayu," ujarnya.

Ia menambahkan mereka menempatkan relief pada dinding dan pintu depan HOMARA agar saat menikmati makanan Nusantara dan lokal yang tersaji, pengunjung juga dapat menikmati karya bersejarah yang pernah dipersembahkan Sang Proklamator untuk Hotel Grand Inna Samudra Sukabumi.

Di HOMARA sendiri, ada beberapa menu unik yang diciptakan seperti Bakso Kelapa, Sop Buntut Klasik atau Bakar, Mie Laksa Pantai Selatan, dan cendol, serta sejumlah menu makanan dan minuman lokal dengan penyajian kelas internasional. Range harganya berkisar dari Rp 30an ribu hingga Rp 165 ribu.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Wilfridus Kolo
Bela

Bela

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU