The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Luksemburg, Negara Pertama yang Membuat Transportasi Umum Gratis
Ilustrasi transportasi umum di Luksemburg. (Boredpanda.com)
Travel

Luksemburg, Negara Pertama yang Membuat Transportasi Umum Gratis

Rabu, 12 Agustus 2020 10:55 WIB 12 Agustus 2020, 10:55 WIB

INDOZONE.ID - Berbicara tentang transportasi umum, mungkin kurang menarik bagi sebagaian orang.

Pasalnya, transportasi umum berkaitan dengan jadwal kendaraan dan resiko berdesak-desakan dengan banyak orang terlebih di jam-jam sibuk.

Namun jika dilihat dari sisi lain, dengan menggunakan transportasi umum maka berperan dalam mengurangi polusi udara dari asap kendaraan bermotor.

Lebih lanjut lagi tentang transportasi umum, ada sebuah negara yang menerapkan transportasi umum gratis bagi warganya, yakni Luksemburg.

Pemerintah negara setempat memperkenalkan transportasi gratis sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jalanan.

Tranportasi umum di Luxemburg gratis
Tranportasi umum di Luksemburg gratis. (Boredpanda.com)

Luksemburg adalah negara pertama yang membuat semua kereta, trem, dan bus sepenuhnya gratis. Hal itu sudah berlaku sejak bulan Maret 2020.

"Jangkauan, ketepatan waktu, dan kualitas layanan yang ditawarkan sangat penting untuk memotivasi orang agar mengubah kebiasaan mereka dan beralih dari mobil pribadi ke transportasi umum," ungkap Menteri Mobilitas dan Pekerjaan Umum, François Bausch dikutip dari Bored Panda.

Selain itu negara ini juga merencanakan perluasan kapasitas secara sistematis dalam jaringan kereta api nasional dan menggandakan jumlah ruang parkir.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US