The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sederet Kemegahan Sirkuit Mandalika, Berkelas Dunia Tempat Ajang MotoGP
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)
Travel

Sederet Kemegahan Sirkuit Mandalika, Berkelas Dunia Tempat Ajang MotoGP

Selasa, 15 Maret 2022 10:28 WIB 15 Maret 2022, 10:28 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia kini punya sirkuit balapan berstandar internasional, Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit Mandalika enggak hanya menyuguhkan fasilitas mewah tetapi juga keindahan alam yang dapat membius semua orang. 

mandalika
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)

Peresmian Sirkuit Mandalika dilakukan Presiden Joko Widodo pada November 2021. Pembangunan sirkuit ini merupakan langkah awal Indonesia agar posisinya sejajar dengan negara lain untuk menyelenggarakan balap motor bergengsi di dunia seperti MotoGP yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

mandalika
Sejumlah pekerja masih berbenah di area Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)

Ada beberapa fakta menarik dari pembangunan Sirkuit Mandalika, seperti penggunaan teknologi aspal terbaru bernama Stone Mastic Asphalt (SMA) yang punya daya penetrasi tinggi. Teknologi aspal ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan saat pembalap melaju di lintasan basah. Sebelumnya, teknologi ini sudah digunakan oleh 3 sirkuit lainnya yang ada di dunia seperti Inggris, Abu Dhabi, dan Australia.

mandalika
Tribun penonton kelas Grand Stand Standard Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)

Kelebihan lain dari Sirkuit Mandalika adalah dikelilingi sejumlah pantai yang terkenal keindahaannya seperti Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika. Selain dimanjakan oleh keindahan pantai, para pengunjung dan penonton MotoGP Mandalika 2022 juga bisa berkunjung ke sejumlah destinasi wisata lainnya.

mandalika
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)

Kemegahan lain yang disuguhkan Sirkuit Mandalika adalah motif batik yang berada di area run-off di tikungan ke-15 dan 16. Motif batik ini memberikan keunikan tersendiri dari sirkuit-sirkuit kelas dunia lainnya. Motif ini merupakan motif kain tenun ikat khas Sasak (Lombok) dengan cat merah sebagai landasan utamanya dan cat putih digunakan untuk membentuk garis-garis motifnya.

mandalika
Tribun penonton kelas Grand Stand Premium Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Ernitasari Dyah Windyastuti/IDZ Creators)

Kurang dari sepekan ajang balap motor dunia, MotoGP, akan berlangsung. Pihak penyelenggara dan pemerintah pun terus mempercantik sirkuit maupun fasilitas pendukung yang berada di luar area. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Yayan Supriyanto
Ernitasari Dyah Windyastuti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US