The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gandeng Rumah Sakit, Labuan Bajo Siap Dikembangkan Jadi Wisata Kesehatan
Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT. (Unsplash/@badashphotos)
Travel

Gandeng Rumah Sakit, Labuan Bajo Siap Dikembangkan Jadi Wisata Kesehatan

Jumat, 22 Januari 2021 12:03 WIB 22 Januari 2021, 12:03 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka mendukung Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur jadi destinasi pariwisata super prioritas, wisata kesehatan mulai dikembangkan di sana dengan menggandeng rumah sakit.

Direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, Dr. Hermas Irawan, menyatakan pihaknya siap berperan serta mewujudkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata kesehatan.

“Sejak November 2020 saat dilakukan Simulasi Protokol Kesehatan dan Keamanan di destinasi wisata Labuan Bajo oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kami berpartisipasi sebagai Pusat Rujukan Fasilitas Layanan Kesehatan atau Fasyankes,” katanya dikutip dari Antara, Jumat (22/1/2021).

Untuk itu sejumlah area pendaftaran dan layanan rawat jalan pun disiapkan khusus bagi turis.

Selain itu juga disediakan tim emergency dalam kasus gawat darurat bagi turis yang mengalami kecelakaan saat berwisata di Labuan Bajo.

Menurut Hermas, kenyamanan dalam berwisata merupakan hal pokok yang diinginkan para turis saat ini, termasuk kenyamanan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Sebagai catatan dalam peningkatan layanan wisata kesehatan bagi turis mancanegara dan turis lokal, pihaknya juga menyediakan fasilitas layanan Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT).

Selain ditujukan untuk penanganan penyakit dekompresi yang kerap dialami oleh para penyelam laut dalam, Hyperbaric Oxygen turut dimanfaatkan untuk mengobati berbagai indikasi klinis.

Di antaranya, bisa digunakan untuk penyembuhan luka tubuh seperti luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.

Bukan hanya peningkatan layanan wisata kesehatan, fokus penanganan selama pandemi Covid-19 pun tetap disiagakan melalui layanan screening untuk para pelaku perjalanan, yaitu test antibodi, test antigen, ID Now termasuk SWAB PCR.

Artikel Menarik Lainnya

TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US