The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perjuangan Menuju Aek Martua, Lewati "Ekor Ular" dan Tanjakan Curam: Endingnya Memuaskan!
Jalur menuju Aek Martua, lewati anak tangga yang panjang (Riki Ariyanto/Z Creators)
Travel

Perjuangan Menuju Aek Martua, Lewati "Ekor Ular" dan Tanjakan Curam: Endingnya Memuaskan!

Sabtu, 06 Agustus 2022 18:12 WIB 06 Agustus 2022, 18:12 WIB

INDOZONE.ID - Provinsi Riau punya banyak destinasi wisata alam yang cocok menjadi tempat healing. Seperti di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ada satu tempat wisata populer yaitu Air Terjun Aek Martua.

Wisata ini termasuk paling populer di Rohul atau 'Negeri Seribu Suluk'. Nama Aek Martua berasal dari bahasa Mandailing, suku yang mayoritas di daerah tersebut, yang memiliki arti "Air Bertuah".

aek martua
Sensasi berendam di Aek Martua (Riki Ariyanto/Z Creators)

Dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, butuh sekitar 3,5-4 jam untuk sampai ke lokasi ini.

Disarankan untuk menyewa mobil atau sekalian menggunakan sepeda motor, sebab saat turun dari Simpang Tangun, masih ada perjalanan yang harus ditempuh ke Dusun Huta Padang, Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, lokasi Air Terjun Aek Martua atau akrab disebut AM itu berada.

aek martua
Indahnya Aek Martua (Riki Ariyanto/Z Creators)

Masuk ke kawasan air terjun AM, bagi yang membawa mobil harus parkir di dekat warung atau rumah warga. Namun kalau pakai sepeda motor bisa lanjut melintasi jembatan gantung dari kayu.

Siapkan fisik dan stamina

Butuh perjuangan untuk bisa menyingkap cantiknya Air Terjun Aek Martua. Sebab kamu harus berjalan kaki cukup jauh dan ada banyak anak tangga yang harus dilalui. Sekilas anak tangga itu mirip seperti tembok Cina atau ekor naga. Tetapi semua susah payah itu akan langsung sirna saat tiba di air terjun bertingkat tujuh itu.

aek martua
Air terjun dengan air jernihnya (Riki Ariyanto/Z Creators)

Ketinggian air terjun bervariasi ada yang sekitar 15 meter, juga 40 meter. Biasanya ada saja pelancong yang nekat lompat air terjun atau berfoto di air terjun tingkat ketiga. Tapi ingat, kamu harus berhati-hati karena jalan menuju ke tingkatan air terjun sangat licin dan penuh bebatuan. Tingkat lainnya jarang disinggahi karena sangat tinggi.

aek martua
Air terjun bertingkat di Rohul (Riki Ariyanto/Z Creators)

Buat yang enggak bisa berenang, kamu bisa menyewa ban yang harga sewanya Rp10 ribu per orang.

Airnya mengandung obat

Selain menjadi tempat wisata, konon air dari Air Terjun Aek Martua ini dipercaya mengandung khasiat yang bisa menjadi obat.

"Makanya nama air terjun disebut Aek Matua atau air bertuah. Tapi kalau sekarang lebih banyak sebagai tempat wisata saja," sebut Hasbi, salah satu pengunjung.

aek martua
Anak tangga yang mirip ekor ular (Riki Ariyanto/Z Creators)

Meski begitu biasanya wisatawan tetap diingatkan untuk berkata dan berlaku sopan selama di kawasan air terjun ini. Karena lokasi Aek Matua masuk jauh ke dalam hutan.

"Ya percaya tidak percaya, ada saja cerita mistis. Maka itu bagi wisatawan selalu diingatkan tidak macam-macam atau kelakuannya tidak aneh-aneh," pesan Hasbi. 

aek martua
Aliran sungai dari Air Terjun Aek Martua (Riki Ariyanto/Z Creators)

Tiket masuk ke Air Terjun Aek Martua hanya Rp5 ribu per orang. Sementara untuk parkir sepeda motor kamu dikenai biaya Rp20 ribu hingga Rp25 ribu.

Air Terjun Aek Martua buka setiap hari, dan ramai dikunjungi Sabtu dan Minggu.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Riki Ariyanto
Riki Ariyanto

Riki Ariyanto

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US