The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Enggak Terlalu Tinggi dan Track Aman, Gunung Gede Pangrango Cocok Buat Pendaki Pemula
Gunung Gede Pangrango. (Z Creators/Febriansyah Saputra)
Travel

Enggak Terlalu Tinggi dan Track Aman, Gunung Gede Pangrango Cocok Buat Pendaki Pemula

Selasa, 06 Desember 2022 13:24 WIB 06 Desember 2022, 13:24 WIB

INDOZONE.ID - Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang ada di Pulau Jawa. Punya ketinggian yang cukup rendah, Gunung Gede Pangrango cocok buat pendaki pemula. 

Gede Pangrango belakangan jadi tempat wisata yang dikagumi masyarakat. Enggak cuma menghadirkan air terjun dan outbound, di sini juga bisa dipakai untuk wisata mendaki. 

Bagi pemula, Gunung Gede Pangrango cocok sebagai gunung pertama yang dijadikan tempat untuk mendaki. Hal ini karena Gunung Gede Pangrango punya ketinggian 2.958 Mdpl. 

gunung gede pangrango
Para pendaki Gunung Gede Pangrango. (Z Creators/Febriansyah Saputra)

Gunung Gede Pangrango sebenarnya punya dua puncak yang berbeda. Salah satunya ada Puncak Mandalawangi di Gunung Pangrango yang punya ketinggian 3.019 Mdpl. 

Untuk menuju Gunung Gede Pangrango, pendaki bisa memilih diantara tiga jalur, yaitu jalur Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana di Sukabumi. Pendaki pemula bisa melakukan pendakian sekitar tujuh sampai 10 jam untuk sampai ke puncak. Tapi untuk pendaki senior, bisa lebih cepat. 

Selama pendakian berjalan, pendaki akan disuguhkan pemandangan yang sangat cantik, asri, serta sejuk. Hal ini bakal membuat pendaki betah dan menghilangkan rasa lelah saat mendaki.

Setelah menuju pos terakhir, pendaki akan melihat dan berkemah di Alun-Alun Surya Kencana. Surya Kencana punya pemandangan indah karena ada padang bunga abadi, yaitu Edelweiss seluas 50 hektare yang sangat cantik.

Baca juga: Cantiknya Gunung Gede Pangrango Terlihat dari Jakarta, Tanda Kualitas Udara Makin Baik

gunung gede pangrango
Para pendaki Gunung Gede Pangrango. (Z Creators/Febriansyah Saputra)

Pendaki juga enggak perlu merasa khawatir akan kelaparan karena di Surya Kencana bisa ditemui pedagang yang menyediakan berbagai makanan, kopi, dan sebagainya. Harganya disesuaikan dengan kondisi di sana.

Selama pendakian, pendaki baiknya enggak lupa untuk menjaga kebersihan. Hal ini karena pengawasan di sekitar gunung sangat ketat. Enggak cuma itu, menjaga gunung menjadi prioritas utama yang harus dilakukan oleh pendaki agar kebersihan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango bisa tetap asri, nyaman, dan terjaga dengan baik.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Febriyansah Saputra
Febriyansah Saputra
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US