The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Tempat Wisata di Malang Favorit, Bisa Belajar Sejarah dan Budaya Juga!
Kampung Warna Warni Jodipan (Instagram/@ayodolan)
Travel

10 Tempat Wisata di Malang Favorit, Bisa Belajar Sejarah dan Budaya Juga!

Rabu, 01 Juli 2020 10:30 WIB 01 Juli 2020, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Tempat wisata di Malang menawarkan banyak pilihan, mulai dari wisata alam Malang, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner khas Malang.

Sudah menjadi hal lumrah jika Kota Malang menjadi pilihan para wisatawan untuk menikmati masa liburan dengan hal-hal unik dan istimewa, apalagi bersama keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Terfavorit dan Hits

Beragam keistimewaan Malang tentunya bisa juga kamu nikmati dengan datang ke tempat wisata terfavorit di Malang.

Di mana saja ya kira-kira? Langsung saja yuk, cek daftar rekomendasi tempat wisata Malang paling hits untuk kamu eksplor berikut ini:

1. Kampung Warna Warni Jodipan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Datang ke Malang rasanya belum afdhal kalau belum main ke Kampung Warna Warni Jodipan ini, guys. Di sini, kamu bisa temukan keindahan Kampung Jodipan dengan beragam warna.

Pada awalnya, Kampung Jodipan merupakan area kumuh yang bisa dibilang kurang terawat. Namun, kemudian kampung ini 'disulap' menjadi sebuah lokasi wisata yang menarik oleh sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Tembok-tembok luar rumah warga di Kampung Jodipan kemudian dicat dengan beragam warna. Bahkan, kamu bisa temukan variasi mural dengan gambar unik dan menarik, seperti hiu, gorilla, T-Rex, dan lainnya.

Uniknya, di tempat ini kamu bisa temukan jembatan kaca ala Zhangjiajie Tiongkok sebagai penghubung antara Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi.

Kampung Jodipan sendiri memiliki Balai Payung yang terletak di Komplek Utama Juanda. Tempat ini biasa ramai dipenuhi wisatawan yang ingin berfoto selfie ria.

Untuk menikmati pemandangan indah seluruh Kampung Jodipan ini, kamu bisa mengunjungi Jembatan Embong Brantas yang terletak sekitar 500 meter ke arah selatan Stasiun Malang.

Lokasi: Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

2. Alun-alun Kota Malang

tempat wisata hits di Malang alun alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang (Instagram/@gloripunya)

Setiap kota-kota besar di Indonesia pasti memiliki ciri khas sendiri, salah satunya adalah alun-alun. Seperti kota lainnya, alun-alun Kota Malang juga menjadi pusat keramaian dan jantung pusat kota.

Di sini, kamu bisa menikmati momen berwisata bersama keluarga dan tentu saja gratis. Arena bermain untuk anak dan air terjun juga tersedia di sini.

Kalau mendadak lapar, ada banyak makanan kaki lima berjejer di sekitar alun-alun Kota Malang, seperti cilok, bakso, soto, dan es degan.

Lokasi: Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

3. Jawa Timur Park I

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jatim Park 1 | Official (@jatimparksatu) on

Bila di Jakarta ada namanya Dufan, maka di Malang juga ada tempat wisata populer yang mirip seperti Dufan, yaitu Jawa Timur Park I atau disebut Jatim Park I.

Berbagai wahana permainan menarik bisa dinikmati di sini. Selain itu, ada juga water pool dan bioskop 3D agar menonton film terasa lebih nyata.

Jatim Park I memiliki taman hiburan yang menampilkan wahana, food court, pameran, dan pertunjukkan budaya tradisional Indonesia.

Lokasi: Jalan Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

4. Jawa Timur Park II

Jatim Park tidak hanya berada di satu tempat. Ada namanya Jatim Park II yang memiliki konsep berbeda dengan Jatim Park I, meskipun sama-sama mengusung wahana hiburan untuk pengunjung.

Ini termasuk salah satu tempat wisata Malang terbaik dan instagramable. Ada Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Pohon Inn Hotel yang bisa kamu kunjungi di sini.

Main sepuasnya di Jatim Park II dengan membawa serta keluarga dan anak-anak, tidak perlu sampai membuatmu merogoh kocek mahal karena biaya tiket masuk hanya sebesar Rp20.000 saja.

Lokasi: Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

5. Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Sesuai namanya, Batu Night Spectacular (BNS) Malang buka pada malam hari dan memberikan kesan spektakuler saat kamu mengunjungi tempat ini untuk pertama kali.

Ada banyak spot foto selfie yang dapat dinikmati di sini. Beberapa wahana pun siap menghibur, mulai dari Rumah Hantu, Baby Wheel, Mouse Coaster, Gravitron, Art Trick, dan Avatar.

Jika kamu tertarik, silahkan datang dari pukul 15.00 sampai 24.00 WIB. Biaya tiket masuk tentu terjangkau yaitu Rp20.000 sampai Rp30.000. Untuk mencoba setiap wahana, kamu perlu membayae Rp15.000 per wahana.

Batu Night Spectacular Malang buka setiap hari dengan jam operasional Senin sampai Kamis (15.00-23.00 WIB), dan Jumat sampai Minggu (15.00-24.00 WIB).

Lokasi: Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah dan Budaya di Malang

Selain sebagai tempat rekreasi, Kota Malang juga sangat cocok menjadi tujuan berwisata sejarah dan budaya, karena ada banyak sekali tempat wisata populer di Malang untuk belajar sejarah dan budaya Indonesia.

6. Masjid Agung Malang

tempat wisata di Malang Masjid Agung Malang
Masjid Agung Malang (Instagram/@akamali2018)

Salah satu tempat wisata sejarah dan budaya paling hits di Kota Malang yaitu Masjid Agung Malang. Ini merupakan bangunan masjid yang memadukan gaya Jawa dan Arab.

Masjid megah ini kerap dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan menariknya, Masjid Agung Malang memiliki sumber air mirip air zam-zam dan bisa langsung diminum.

Lokasi: Jalan Merdeka Barat No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Masjid Tiban Malang

tempat wisata sejarah di Malang Masjid Tiban Malang
Masjid Tiban Malang (Instagram/@iam_ianrush)

Masjid Tiban Malang sempat menghebohkan warga Malang karena kabarnya masjid ini dibangun oleh bangsa gaib hanya dalam tempo waktu semalam saja.

Namun akhirnya, semua kabar itu dibantah oleh pihak pengelola masjid. Diketahui, para santri dan jamaah Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaairil Rahmah yang membangun masjid ini.

Keunikan yang bisa dilihat dari Masjid Tiban Malang adalah gaya arsitekturnya yang mirip dengan bangunan kuno di Turki. Kubah masjid ini mengingatkan kita dengan zaman Kerajaan Persia di cerita dongeng.

Lokasi: Jalan Anggur No.17, Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

8. Museum Malang Tempo Doeloe

tempat wisata sejarah favorit di Malang Museum Malang Tempo Doeloe
Museum Malang Tempo Doeloe (Instagram/@prastikamelati)

Tempat wisata sejarah terfavorit di Malang berikutnya adalah Museum Malang Tempo Doelow. Bisa dibilang, ini tempat bersejarah bagi Kota Malang.

Datang ke museum ini secara tidak langsung mengajak kamu menelusuri seluk-beluk Kota Malang dari zaman dahulu hingga sekarang.

Terdapat beberapa koleksi kuno khas Malang yang terlihat saat pertama kali datang ke Museum Malang Tempo Doeloe, seperti prasasti, tembikar kuno, dan lain sebagainya.

Biaya masuk museum ini sangat murah, lho. Untuk pelajar hanya dikenakan kocek Rp5.000 dan untuk pengunjung umum sebesar Rp15.000.

Lokasi: Jalan Gajahmada, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.

9. Museum Angkut

tempat wisata sejarah Museum Angkut Malang
Museum Angkut (Instagram/@salsabilarafida8)

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang. 

Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern.

Di dalam Museum Angkut, akan kamu temukan beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa hingga Amerika.

Berbagai alat transportasi kuno seperti becak dan miniatur kapal menjadi pemandangan unik begitu masuk ke sini. Kamu juga akan merasakan suasana seperti jalan-jalan di Eropa.

Selain transportasi dan mobil kuno, museum ini juga menyediakan wahana Flight Simulator yang terletak di lantai 3 gedung museum.

Museum Angkut dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya juga membangun Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park dan Museum Satwa. Museum ini didirikan pada 9 Maret 2014.

Untuk tiket masuk Museum Angkut Malang memang cukup mahal, yaitu Rp70.000 (di hari biasa) dan Rp100.000 (di akhir pekan). Jam bukanya sendiri mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

Lokasi: Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu.

10. The Bagong Adventure Museum Tubuh

tempat wisata di Malang hits Museum Tubuh Malang
Museum Tubuh Malang (Instagram/@mulyana_fariza)

Berada di satu kawasan dengan Jatim Park I, The Bagong Adventure Museum Tubuh cocok menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang, Kota Batu.

Museum Tubuh adalah museum edukasi pertama tentang bagian dan fungsi tubuh manusia secara keseluruhan. Begitu masuk ke museum ini, kamu akan disuguhkan pemandangan seolah menjelajahi tubuh manusia.

Mulai dari replika pembuluh darah, kulit, organ manusia, hingga layanan pemeriksaan medis gratis tersedia di Museum Tubuh Malang.

Tempat wisata di Malang ini buka setiap hari, dari pukul 08.30 sampai 16.30 WIB. Untuk tarif masuknya, sekitar Rp55.000-an saat weekday dan Rp120.000-an untuk weekend.

Lokasi: Jalan Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US