The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kata Pakar, Wisatawan yang Nekat Bisa Picu Gelombang Kedua Corona
Pengunjung menikmati pemandangan kawah ratu di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/6). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Travel

Kata Pakar, Wisatawan yang Nekat Bisa Picu Gelombang Kedua Corona

Rabu, 17 Juni 2020 14:32 WIB 17 Juni 2020, 14:32 WIB

INDOZONE.ID - Pakar Komunikasi dan Manajemen Krisis Universitas Brawijaya Malang, Maulina Pia Wulandari mengatakan bahwa para wisatawan yang abai terhadap protokol kesehatan bisa menjadi pemicu gelombang kedua wabah corona.

"Yang perlu diwaspadai adalah wisatawan nekat ini, saya prediksi jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan wisatawan yang bijak dalam berwisata dan patuh dengan protokol kesehatan," ungkap Pia kepada Antara.

Menurut Pia, wisatawan yang abai terhadap protokol kesehatan dapat mempercepat penularan virus corona di kawasan pariwisata.

Oleh karena itu, kata Pia, penting bagi para pelaku wisata memahami tipe-tipe dari wisatawan.

Misalnya, ada wisatawan "paranoid", takut yang berlebihan akan tertular virus corona. Selain itu ada wisatawan "stay alert", yang selalu waspada pada bahaya virus corona, wisatawan "travel wise", yang tetap menikmati perjalanan wisatanya, namun tetap patuh pada protokol kesehatan.

Pia tak memungkiri, industri pariwisata yang sudah bergerak saat ini bisa menjadi pemicu terjadinya gelombang kedua wabah virus corona jika tidak diantisipasi dengan cermat.

Untuk itu, Pia berharap para pelaku industri pariwisata yang benar-benar menganalisis segala risiko dan kemungkinan yang ditimbulkan ketika dibukanya industri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda
JOIN US
JOIN US