The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Buntut Mesin Meledak, Japan Airlines Pensiunkan Semua Armada Boeing 777
Pesawat Japan Airlines. (photo/Instagram/@japanairlines_jal)
Travel

Buntut Mesin Meledak, Japan Airlines Pensiunkan Semua Armada Boeing 777

Kamis, 08 April 2021 11:53 WIB 08 April 2021, 11:53 WIB

INDOZONE.ID - Dilaporkan sebanyak 13 pesawat Boeing 777 bermesin Pratt&Whitney tidak akan digunakan lagi dalam penerbangan Japan Airlines (JAL).

Keputusan tersebut diambil menyusul insiden mesin Boeing 777 milik United Airlines meledak di udara beberapa waktu lalu.

Sebagai gantinya, JAL akan menggunakan Airbus SE A350 terbaru untuk digunakan dalam penerbangan domestik ke Bandara Itami Osaa dan menggunakan pesawat internasional untuk rute domestik lainnya. 

Kebijakan ini diambil untuk menjaga frekuensi penerbangan sebagaimana dikonfirmasi JAL dalam pernyataan resminya, Rabu (7/4/2021).

Dilansir Japanese Today, maskapai Jepang ini juga sempat mengalami insiden pada pesawat yang menggunakan mesin PW4000 pada bulan Desember 2020 lalu. 

Saat itu, pesawat yang menuju Tokyo terpaksa kembali ke Bandara Naha.

Selain JAL dan United Airlines, maskapai lainnya yang masih menggunakan mesin PW4000 adalah ANA, Korean Airlines, Asiana Airlines, dan Jin Air. 

Sementara itu, Administrasi Penerbangan Federal AS pada bulan Februari lalu sudah memerintahkan maskapai untuk memeriksa seluruh Boeing 777 bermesin PW4000.

Juru bicara Pratt juga mengatakan bahwa bilah kipas dari mesin PW4000 perlu dikirimkan ke stasiun perbaikan East Hartford, Connecticut untuk diperiksa. 

Hal ini juga berlaku untuk maskapai penerbangan Jepang dan Korea Selatan yang menggunakan pesawat bermesin PW4000.

Di sisi lain, para analis merekomendasikan maskapai penerbangan perlu mempercepat pensiunnya pesawat jenis ini karena diperlukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui penyebab kerusakan mesin.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US