The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Akibat Pandemi, Kunjungan Wisman di Indonesia Anjlok 87 Persen
Ilustrasi tempat wisata yang sepi dari kunjungan. (REUTERS)
Travel

Akibat Pandemi, Kunjungan Wisman di Indonesia Anjlok 87 Persen

Selasa, 02 Juni 2020 13:47 WIB 02 Juni 2020, 13:47 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia per April 2020 yang menurun hingga 87 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Penurunan ini terjadi sebagai imbas dari pandemi corona yang melanda dunia.

"Dampak Covid-19 ke pariwisata sudah terjadi sejak bulan Februari, jadi pada bulan April 2020 ini jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia hanya tinggal 160 ribu orang," kata kepala BPS Suhariyanto dalam siaran Youtube BPS.

Suhariyanto mengatakan bahwa penurunan ini menunjukkan bahwa sektor pariwisata menjadi industri yang terdampak parah dari adanya wabah corona. Dia pun mengkhawatirkan dengan menurunnya pariwisata akan mempengaruhi sektor lainnya.

"Ini menunjukkan bahwa dampak COVID-19 ke pariwisata sangat-sangat besar dan kita perlu berhati-hati karena ini nanti akan berdampak ke sektor pendukungnya, baik tingkat hunian kamar, sektor transportasi, industri ekonomi kreatif, perdagangan, dan seterusnya," ujarnya.

BPS mencatat, pada kuartal pertama 2020, yakni dari Januari hingga April jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 2,7 juta atau turun sekitar 45,01 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 5 juta orang.

"Penurunan tidak terlalu tajam karena masih tertolong dengan jumlah wisman pada posisi bulan Januari," kata Suhariyanto.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US