The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid Usai Setahun Ditutup, Presiden Erdogan Ucapkan Syukur
Masjid Hagia Sophia. (photo/Ilustrasi/Pexels/Meruyert Gonullu)
Travel

Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid Usai Setahun Ditutup, Presiden Erdogan Ucapkan Syukur

Senin, 26 Juli 2021 11:18 WIB 26 Juli 2021, 11:18 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Agung Hagia Sophia yang berada di Istanbul, tepat satu tahun ini dibuka lagi sebagai masjid. Melihat hal itu, Presiden Turki yaitu Recep Tayyip Erdogan memberikan komentarnya di media sosial. Dalam unggahan Twitter dan Instagramnya, Erdogan sendiri mengatakan Hagia Sophia sebagai simbol dari kebangkitan peradaban Islam. 

Sekadar informasi, Masjid Agung Hagia Sophia itu kembali jadi masjid jatuh pada 24 Juli 2021 kemarin. Waktu itu, pembukaan ditandai dengan dilakukannya sholat Jumat. Sekitar 2.000 orang muslim, termasuk dengan Presiden Erdogan hadir dalam sholat Jumat pertama itu. 

"Segala puji bagi Allah, yang menunjukkan kepada kita hari ini ... Saya berharap suara-suara azan, salawat (doa) dan Al-Qur'an tidak akan hilang dari kubah tempat suci yang agung ini sampai akhir zaman," kata Erdogan seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu Agency.

Selain itu, Erdogan juga mengunggah video yang menunjukkan momen sholat Jumat pertama di Masjid Agung Hagia Sophia pada 24 Juli pada tahun lalu. Hagia Sophia sendiri memang alami sejumlah perubahan fungsi sejak didirikan. Masjid itu pun tercatat menjadi gereja selama 916 tahun dan 86 tahun sebagai museum. Tetapi, bangunan itu memang paling lama, hampir 500 tahun dimanfaatkan sebagai masjid. 

Pada tahun 1985, Hagia Sophia pun dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Hagia Sophia sendiri pun menjadi salah satu tujuan wisata utama Turki dan akan tetap dibuka untuk para pengunjung domestik dan asing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US