The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Ada Kampung Batik di Tengah-tengah Gedung Tinggi Jakarta, di Sini Lokasinya!
Kampung batik di Jakarta Selatan. (Z Creators/Sheila Permatasari)
Travel

Ternyata Ada Kampung Batik di Tengah-tengah Gedung Tinggi Jakarta, di Sini Lokasinya!

Selasa, 06 Desember 2022 10:02 WIB 06 Desember 2022, 10:02 WIB

INDOZONE.ID - Batik menjadi identitas asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda sejak 2 Oktober 2009 lalu. Salah satu caranya adalah mengenal batik lebih dalam. 

Bagi warga Jakarta, enggak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Tengah atau ke luar kota untuk berwisata batik sekaligus belajar membatik. Di Jakarta ada tempat belajar membatik bernama Rumah Batik Palbatu. 

Lokasinya ada di daerah Menteng Dalam, Tebet, persisnya di Jalan Palbatu IV No. 17, Jakarta Selatan. Pendirian Rumah Batik Palbatu berawal dari rasa keprihatinan tiga orang pemuda kreatif, Bimo, Iwan dan Hari karena enggak ada kampung batik di wilayah Jakarta. 

rumah batik
Rumah Batik Palbatu. (Z Creators/Sheila Permatasari)

Berpegang dengan niat yang tinggi, Hari sebagai eksekutor langsung mengimplementasikan dengan mendirikan Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu di wilayah Jalan Palbatu, Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Pada 2011, Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu, mereka mulai mengadakan acara ‘Kampoeng Batik Palbatu' dengan mengundang 18 pengrajin batik dari daerah wilayah Jawa ke Jakarta. 

Tujuannya untuk memberikan pelajaran membatik kepada para warga di wilayah Palbatu dan sekitarnya untuk melestarikan budaya batik dengan tindakan nyata. Seiring berjalannya waktu, apa yang dimulai oleh Hari dan rekan-rekannya mampu membangkitkan semangat belajar membatik di wilayah Palbatu.


Rumah Batik Palbatu ini membuka kelas membatik bagi siapa saja yang ingin belajar. Bagi penyandang disabilitas, kelas membatik di buka secara gratis. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri ataupun berkarya yang bisa dinikmati oleh peminat batik. Sehingga, kita punya rasa kesetaraan kepada mereka. Pembatik disabilitas di sini kebanyakan adalah kaum disabilitas rungu wicara

Jika hanya ingin berkunjung dan mengetahui lebih dalam tentang batik, Rumah Batik Palbatu ini di buka setiap hari dan mempersilahkan siapa saja untuk berkunjung tanpa dikenakan biaya apapun. Di sini, tersedia dengan lengkap peralatan membatik.

Enggak cuma itu, galeri dari produk hasil membatik juga ada di sini. Pengunjung yang datang akan dipandu serta dijelaskan hal-hal mengenai batik saat berkunjung ke sini.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Yayan Supriyanto
Sheila Permatasari
Sheila Permatasari
Community Writer
JOIN US
JOIN US