The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jessica Mila Antusias Dukung Keberlangsungan Hutan Mangrove di Jakarta
Jessica Mila menanam mangrove (Instagram/SaladStop!
Travel

Jessica Mila Antusias Dukung Keberlangsungan Hutan Mangrove di Jakarta

Jumat, 05 Agustus 2022 18:03 WIB 05 Agustus 2022, 18:03 WIB

INDOZONE.ID - Keberlangsungan hutan mangrove mulai diperhatikan banyak pihak, termasuk dari kalangan artis seperti Jessica Mila. Mila pun mendukung penanaman mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki 17 ribu pulau besar dan kecil dengan garis pantai sepanjang 81.000 km yang dapat menjadi area tumbuh hutan mangrove. Hutan mangrove merupakan pembatas untuk menjaga garis pantai dari erosi yang dalam kondisi serius bisa menjadi bencana alam. Indonesia memiliki sekitar 3,5 juta hektare hutan mangrove atau sekitar 23% dari total dunia dengan 92 spesies bakau yang menjadikan hutan mangrove di Indonesia menjadi yang paling beragam.

Marketing Manager dari SaladStop! Indonesia Salomo Jacob mengatakan, Jakarta yang minim area terbuka hijau dengan tingkat polusi udara yang cukup tinggi, sangat rentan mengalami erosi dan abrasi garis pantai. Keberlangsungan hutan mangrove sangat penting dijaga, utamanya di pesisir utara Jakarta.

"Kami melakukan kampanye berkelanjutan dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem dan rantai makanan. Kali ini, dalam rangka Hari Mangrove Sedunia, kami bekerja sama dengan komunitas lokal Seasoldier dan juga Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke untuk melakukan penanaman mangrove," ujarnya dalam keterangan resmi. 

Chief Operating Officer dari Seasoldier, Dinni Septianingrum menambahkan, menanam mangrove sebagai salah satu upaya untuk menjaga lingkungan dan alam. Mangrove memiliki daya serap karbon yang tinggi di mana setiap satu hektare mampu menyerap 52,85 ton karbon dioksida (CO2) per tahun. 

"Kami akan memastikan proses pembibitan hingga perawatan mangrove ini akan berjalan dengan baik sehingga dapat bertahan hidup," tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut, selain berfungsi sebagai penjaga garis pantai alami dan penyerap karbon, hutan mangrove juga menjadi habitat untuk beragam flora dan fauna. Jika dikelola dan diberdayakan dengan baik, hutan mangrove juga bisa menjadi salah satu mata pencaharian bagi masyarakat misalnya dengan program ekowisata.

Sayangnya, kata Dinni, Indonesia kehilangan hutan mangrove secara signifikan setiap tahun dan sehingga dapat berdampak pada kerusakan ekosistem yang mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia dan dunia.
 
Sementara itu, aktris sekaligus penggemar salad Jessica Mila ikut senang dengan kegiatan positif ini. Ia pun tak hanya bisa menjalani gaya hidup sehat, tapi juga turut menjaga lingkungan. 

"Untuk bisa tetap aktif, melakukan kegiatan positif, serta membantu orang lain, tentunya harus dimulai dari diri sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Apa yang kita lakukan bersama hari ini yaitu menanam dan membersihkan mangrove dalam kampanye ini," tambah dia. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
JOIN US
JOIN US