The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jakarta Kalah sama Kafe Ini, Punya Sederet Fasilitas Keren Bagi Penyandang Disabilitas
Kafe ramah difabel di Turki. (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Travel

Jakarta Kalah sama Kafe Ini, Punya Sederet Fasilitas Keren Bagi Penyandang Disabilitas

Minggu, 21 Agustus 2022 17:45 WIB 21 Agustus 2022, 17:45 WIB

INDOZONE.ID - Turki termasuk salah satu negara yang menyediakan banyak fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas. Kursi prioritas di ruang publik, toilet, parkir dan lift khusus, serta blind track atau jalur khusus tuna netra di jalan-jalan, taman kota, perkantoran, pusat perbelanjaan, sampai tempat-tempat wisata. 

Di Kota Antalya, bahkan ada kafe khusus penyandang disabilitas. Namanya Engelsiz Cafe. Mulai beroperasi 2015 silam, kafe ini bukan sekedar tempat nongkrong, tapi juga wadah untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Sehingga, para penyandang disabilitas enggak merasa terkucil. 

difabel
Sederet fasilitas untuk difabel disediakan. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Kafe terbagi menjadi dua area. Bagian indoor didesain homey ala rumahan, lengkap dengan ruang baca. Sementara bagian outdoor lebih ‘hijau’ karena dirancang senatural mungkin. Area ini kerap jadi pusat berbagai aktivitas. Seperti bazaar dan festival.  

Engelsiz Cafe dibangun dan dikelola pemerintah distrik Muratpasa. Kafe dibuat senyaman mungkin, dengan berbagai fasilitas ramah difabel. Seperti kursi roda, toilet khusus dan blind track. Kafe juga mempekerjakan sejumlah orang berkebutuhan khusus. 

kafe
Kafe ramah difabel di Turki. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Kafe dilengkapi pusat rehabilitasi dan terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus, serta pusat pelatihan keterampilan. Ada kelas kerajinan tangan dan kelas memasak kuliner Turki dan Internasional. 

Berbagai kelas keterampilan ini bertujuan untuk membekali penyandang disabilitas agar mereka bisa mandiri dan engga membebani masyarakat. Pemerintah menyediakan tempat khusus, untuk menjual hasil karya para penyandang disabilitas. 

kafe
Kafe ramah difabel di Turki dirancang sangat homey. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Meski didedikasikan untuk penyandang disabilitas, kafe ini terbuka untuk umum. Menu makanan dan minuman yang dijual juga engga kalah dengan kafe kekinian. Mulai dari aneka kopi, menu sarapan komplit ala Turki, aneka western food sampai dessert, ada di sini. 

Harganya ramah di kantong. Seluruh pendapatan dari Engelsiz Cafe akan digunakan untuk mendanai pusat rehabilitasi dan pendidikan khusus anak-anak berkebutuhan khusus. Kafe buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi sampai 23.30 malam waktu setempat. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US