The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penemuan Tongoenas Burleyi, Sisa-Sisa Spesies Merpati Setinggi Setengah Meter
Tongoenas Burleyi. (techexplorist.com)
Travel

Penemuan Tongoenas Burleyi, Sisa-Sisa Spesies Merpati Setinggi Setengah Meter

Minggu, 02 Agustus 2020 12:49 WIB 02 Agustus 2020, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Hal baru bersifat ilmiah kembali ditemukan di dunia satwa. Kini giliran pada spesies merpati. Di mana ilmuwan menemukan sisa-sisa spesies merpati setinggi setengah meter.

Kemudian, Zoologi dari Museum Sejarah Alam Florida, David Steadman dan Oona M. Takano dari University of New Mexico menerbitkan temuan itu dalam jurnal Zootaxa.

Adalah Tongoenas burleyi, spesies merpati yang menghuni pulau-pulau Tonga selama sekitar 60 ribu tahun. Namun setelah kedatangan manusia sekitar 2.850 tahun lalu spesies itu punah.

Meskipun ukurannya besar sekitar 5 kali lipat dari merpati biasa, Tongoenas burleyi mampu terbang. Dikutip dari Tech Explorist, spesies yang tinggal di kanopi ini hidup di pohon yang menghasilkan buah dan memakan buah-buahan seperti mangga, jambu biji, dan chinaberry. 

Para ilmuwan percaya bahwa merpati juga bertindak sebagai pembudidaya hutan yang penting dengan menyebarkan benih ke lokasi baru. Selain itu, Tongoenas burleyi juga mempunyai paruh yang besar sehingga memungkinkan untuk menelan buah sebesar bola tenis.

Ilmuwan juga mengatakan jika tidak ada Tongoenas burleyi, maka kelangsungan kehidupan pohon-pohon lokal yang bergantung pada merpati tersebut yang menyebarkan benihnya akan terancam.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US