The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Istana Kremlin Tempat Pertemuan Jokowi dan Putin, Bawa Pesan dari Zelenskyy
Istana besar Kremlin tempat Presiden Vladimir Putin bertemu Jokowi. (Foto/Natalya Seliverstova/Sputnik)
Travel

Mengenal Istana Kremlin Tempat Pertemuan Jokowi dan Putin, Bawa Pesan dari Zelenskyy

Kamis, 30 Juni 2022 18:31 WIB 30 Juni 2022, 18:31 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin guna mengusung misi perdamaian terkait dengan peperangan yang terjadi di Ukraina.

Jokowi sendiri telah tiba di Moskow, Rusia, pada Kamis, (30/6/2022) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Cuaca cerah menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Moskow pada Kamis waktu setempat.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden, Ibu Negara dan rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00.

Setelah pintu pesawat terbuka, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turun dari pesawat dan disambut pejabat Federasi Rusia, antara lain, Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Moskow, Rusia, pada Kamis (30/6/2022). (Foto/Antara/HO)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Moskow, Rusia, pada Kamis (30/6/2022). (Foto/Antara/HO)

Selain itu tampak pula Duta Besar RI untuk Rusia Jose Antonio Morato Tavares dan istri, serta Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut.

Dari bandara, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Istrana Kremlin tempat pertemuan Jokowi dan Putin

Istana besar Kremlin berada di dalam kompleks arsitektur di dalam tembok Kremlin.

Seperti yang dilaporkan Russian Beyond, kompleks ini meliputi istana awal abad ke-19, Istana Terem (kediaman tsar pada abad ke-17), Granovitaya Palata (aula seremonial), Oruzheynaya Palata, dan Almazny Fond atau Gudang Berlian.

Dahulu, Istana Besar Kremlin digunakan sebagai tempat penobatan kaisar-kaisar Rusia.

Gedung Senat di Ivnovskaya ploshchad di komplek Kremlin. (Foto/Vitaly Belousov/Sputnik)
Gedung Senat di Ivnovskaya ploshchad di komplek Kremlin. (Foto/Vitaly Belousov/Sputnik)

Kini, istana tersebut dipakai sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara kenegaraan.

Pengunjung sebetulnya bisa masuk ke dalam istana ini (termasuk Granovitaya Palata dan Istana Terem), tetapi hanya dengan mengikuti tur. 

Oruzheynaya Palata adalah perbendaharaan utama Rusia. Siapa pun harus mengunjunginya setidaknya sekali seumur hidup!

Barang-barang berharga yang disimpan di sini termasuk Topi Vladimir Monomakh yang terkenal, yang berhiaskan batu-batu permata.

Selain itu, ada pula singgasana, senjata-senjata kuno, zirah, dan kostum-kostum upacara kerajaan.

Untuk bisa mengunjungi istana Kremlin pengunjung bisa membeli tiket yang tersedia pada situs web resmi Museum Kremlin.

Jangan lupa, pengunjung pun bisa mengagumi berbagai mahakarya perhiasan dan bongkahan-bongkahan logam mulia yang unik koleksi Almazny Fond.

Meski begitu, pengunjung membutuhkan tiket terpisah untuk mengunjunginya. Dapatkan tiket Almazny Fond pada loket yang terletak di Alexandrovsky Sad.

Jokowi bawa pesan Zelensky bertemu Putin

Diketahui sebelum bertolak ke Moskow, Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (30/6).

Kepada Zelenskyy, Presiden Jokowi menyampaikan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi yang terjadi di Ukraina setelah terjadinya invasi militer.

Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi saat bertolak dari Ukraina ke Rusia. (Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi saat bertolak dari Ukraina ke Rusia. (Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi kepada Zelenskyy menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy yang ditujukan ke Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan ditemuinya pada Kamis ini.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US