Pulau Ini Tak Berpenghuni, Tapi Memiliki 1 Bangunan Gedung
Google Maps
Travel

Pulau Ini Tak Berpenghuni, Tapi Memiliki 1 Bangunan Gedung

Jumat, 10 Januari 2020 08:07 WIB 10 Januari 2020, 08:07 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah hasil foto satelit berhasil bikin warganet penasaran. Betapa tidak, pulau yang diklaim kini tak berpenghuni lagi itu memiliki satu bangunan gedung.

Foto satelit itu pertama kali dibicarakan oleh seorang warganet di Reddit. Dirinya sangat penasaran dengan keberadaan pulau tersebut dan bangunan gedung di daratannya.

Foto itu kemudian menjadi perbincangan warganet. Ada yang mengatakan bahwa bangunan gedung tersebut sebenarnya sudah dirobohkan. Namun yang menjadi pertanyaan mengapa bisa masih tertangkap citra satelit di Google Maps.

Media Express.co.uk menuliskan bahwa pulau yang diketahui bernama Johnston tersebut sudah 70 tahun lamanya di bawah kendali militer Amerika Serikat.

Pulau itu diperluas untuk keperluan depot pengisian bahan bakar angkatan laut, pangkalan udara, situs pengujian senjata biologis dan nuklir, pangkalan misil rahasia, dan lain sebagainya.

"Menurut Nautilus Institute, pulau tersebut dipergunakan untuk serangkaian tes nuklir pada tahun 1962 di bawah nama kode Operation Dominic."

Namun tes itu dilakukan secara terburu-buru karena berkejaran dengan agenda Partial Test Ban Treaty 1963. Fase pertamanya dilakukan pada 25 April- 11 Juli 1962, dan fase kedua pada 2 Oktober-3 November 1962.

Tahun demi tahun, pulau ini menjadi lokasi serangkaian uji coba misi nuklir. Beberapa di antaranya mengakibatkan sebaran kontaminasi radio aktif di penjuru pulau tersebut, membahayakan manusia di sana.

Oleh karena itu, pulau Johnston kini tak dihuni oleh manusia. Di sana hanya ada semut berbahaya penyembut zat asam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU