Masuk Wilayah India, Seperti Ini Keindahan Dataran Kashmir 
Ilustrasi lembah Kashmir. (Unsplash/prayer flags)
Travel

Masuk Wilayah India, Seperti Ini Keindahan Dataran Kashmir 

Jadi rebutan.

Kamis, 27 Februari 2020 19:20 WIB 27 Februari 2020, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Kashmir adalah sebuah wilayah di utara sub-benua India. Istilah Kashmir secara sejarah digambarkan sebagai sebuah lembah di selatan dari ujung paling barat barisan Himalaya. Secara politik, istilah Kashmir dijelaskan sebagai wilayah yang lebih besar yang termasuk wilayah Jammu, Kashmir dan Ladakh.

Wilayah ini sebenarnya terbagi ke dalam tiga negara. Pakistan mengontrol barat laut, India mengontrol tengah dan bagian selatan Jammu dan Kashmir, dan Republik Rakyat Tiongkok menguasai timur laut (Aksai Chin). Meskipun wilayah ini dalam praktiknya diatur oleh ketiga negara tersebut, India tidak pernah mengakui secara resmi wilayah yang diakui oleh Pakistan dan China. 

Pakistan memandang seluruh wilayah Kashmir sebagai wilayah yang dipertentangkan, dan tidak menganggap klaim India atas wilayah ini. Sebuah pilihan yang disukai banyak orang Kashmir adalah kemerdekaan, namun baik Pakistan dan India menentang hal ini.

Kashmir merupakan salah satu wilayah rebutan terkenal di dunia, dan kebanyakan peta buatan Barat menggambarkan wilayah ini dengan garis bertitik untuk menandai batasan yang tidak pasti. Cukup beralasan mengapa Kashmir menjadi rebutan, dataran Kashmir memiliki kecantikan alam yang luar biasa. Seperti apa? Berikut dilansir Roanoke.

Danau yang tenang

Wisata Kashmir
Ilustrasi rumah perahu Kashmir (Unsplash/Anagha Varrier)

Dikelilingi pemandangan serba hijau, danau Kashmir menghadirkan ketenangan untuk kawasan sekitarnya. Danau yang diberi nama Dal di Kota Srinagar itu terkenal dengan objek wisata rumah perahunya.

Lembah yang indah

Letaknya di ujung barat barisan Himalaya. Pemandangan ini sangat indah dengan jejeran bukit dan tumpukan salju. Berbagai jenis tumbuhan hijau menghiasi permukaannya.

Sungai sebagai sumber kehidupan

Wisata Kashmir
Ilustrasi sungai di Kashmir (Unsplash/Rish Agarwal)

3 sungai Indus, Jhelem, dan Cemab yang berhulu di Kashmir merupakan sumber kehidupan bagi Pakistan. Sungai yang sangat jernih untuk menunjang kehidupan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Vessy Dwi
Fauzi

Fauzi

Editor
Vessy Dwi

Vessy Dwi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU