The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Spot Wajib Dikunjungi di Thessaloniki, Kota Budaya Yunani Surga Belanjanya Shopaholic
Suasana di Thessaloniki (Z Creators/Fabiola Lawalata)
Travel

4 Spot Wajib Dikunjungi di Thessaloniki, Kota Budaya Yunani Surga Belanjanya Shopaholic

Minggu, 25 September 2022 21:35 WIB 25 September 2022, 21:35 WIB

INDOZONE.ID - Terletak di region utara negara Yunani, kota Thessaloniki diberi sebutan cultural capital karena memiliki sejarah yang kaya dan beragam, tercermin dari banyaknya monumen kota, situs arkeologi dan museum yang mencakup setiap era dalam sejarah kota Thessaloniki.  

thessaloniki
The Rotunda of Galerius (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Lokasinya strategis, berada di pinggir teluk Thermal. Enggak heran kalau kota ini sangat strategis sebagai kota pusat pelabuhan dan perdagangan. Kaisar Romawi Galerius bahkan menjadikannya sebagai ibu kota di wilayah timur lalu berubah menjadi kota terbesar kedua di Kekaisaran Byzantium setelah Konstantinopel (Istanbul).

Beberapa tempat di Thessaloniki bisa kamu kunjungi, untuk berwisata sejarah atau untuk berfoto ria.

White Tower – Bukti Ottoman Pernah Berkuasa Sampai ke Yunani

thessaloniki
The White Tower, Thessaloniki (Z Creators/Fabiola Lawalata)

White Tower  adalah monumen berwarna putih keabu-abuan dan terletak di pusat kota Thessaloniki. Pada saat Ottoman berkuasa disebut sebagai 'The Tower of the Lions' yang berfungsi sebagai penjara dan tempat eksekusi sehingga rakyat lokal menyebutnya 'Red Tower'. Pada tahun 1878 penjara tersebut dipindahalihkan dan monumen 'berdarah' itu di cat ulang menggunakan warna putih.  

Ada museum kecil di setiap lantai. Sementara teras di lantai paling atas menawarkan panorama kota Thessaloniki dari ketinggian yang menakjubkan. 

Bangunan Peninggalan Roman di Thessaloniki

Bukan Yunani namanya kalau enggak ada bangunan khas bersejarah di setiap kota besarnya. The Greek Agora dan Roman Forum terletak di bagian utara Aristotelous Square, pada masa pemerintahan Roman merupakan tempat berkumpulnya penduduk lokal melakukan berbagai aktivitas dan transaksi. 

arch of galerius
Arch of Galerius/Camara (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Kalau Paris punya Arc de Triomphe maka Thessaloniki punya The Arch of Galerius yang juga disebut dengan Camara. Bersamaan dengan White Tower, kedua bangunan ini memiliki karakteristik khas Thessaloniki, berlokasi tepat di pusat kota. 

The Arch didirikan pada masa periode Roman yaitu awal abad ke-4 SM dan dibangun untuk menghormati Kaisar Romawi Galerius sebagai penanda kembali kemenangannya ke Thessaloniki  setelah mengalahkan Persia.

Kunjungan Museum di Thessaloniki

Museum of Byzantine Culture, salah satu museum terbesar di dunia yang menampilkan beragam warisan Bizantium. Ada 2.900 artefak dari periode awal Kristen sampai dengan akhir periode Bizantium. 

thessaloniki
Orang memancing di Thessaloniki (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Untuk pencinta seni kontemporer, kunjungi Macedonian Museum of Contemporary Art yang akan mengakomodasi kehausan kamu akan koleksi seni lokal dan internasional dalam segala bentuk seni, fotografi, lukisan dan ukiran.

Surganya Belanja

thessaloniki
Gaya modis warga lokal Thessaloniki (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Thessaloniki adalah surga untuk pecinta shopping, toko-toko di pusat kota Tsimiski street, Mitropoleos street dan Egnatia street menawarkan berbagai macam pakaian, sepatu dan aksesori kreasi internasional dan lokal. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata

Fabiola Lawalata

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US