The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Protokol Kesehatan Menyertai Momen Penggantian Kiswah Ka'bah
Penggantian kiswah Ka'bah tahun ini. (photo/Twitter/Reasah Alharamain)
Travel

Protokol Kesehatan Menyertai Momen Penggantian Kiswah Ka'bah

Kamis, 23 Juli 2020 11:42 WIB 23 Juli 2020, 11:42 WIB

INDOZONE.ID - Tradisi setiap tahun ada hal yang biasa dilakukan menjelang ibadah haji dimulai. Adalah pengangkatan kiswah Ka'bah yang diganti dengan kain putih.

Ketika kiswah diangkat, itu pertanda ibadah haji akan segera digelar di Masjidil Haram. 

kiswah Ka
Proses penggantian kiswah Ka'bah dengan protokol kesehatan. (photo/Twitter/Reasah Alharamain)

Dikutip dari Wikipedia, kiswah adalah kain yang menutupi Ka'bah di Makkah, Saudi Arabia. Kain ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari saat jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji. 

Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung' (kain yang dikenakan pada peti) dan seasal dengan kata kisui dalam bahasa Ibrani.

kiswah Ka
Proses pengganrtian kiswah Ka'bah. (photo/Twitter/Reasah Alharamain)

Tahun ini, penggantian kiswah dilakukan  di menit-menit terakhir bulan Dzulhijjah yang jatuh pada hari Rabu (22/7/2020).

Kegiatan penggantian kiswah dilakukan sekitar 50 orang dari kompleks King Abdul Aziz. Turut hadir pula imam besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Dr Abdul Rahman Al Sudais.

Ada yang berbeda dengan penggantian kiswah dari tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui tahun ini dunia sedang dilanda pandemi Corona yang mewajibkan setiap orang menerapkan protokol kesehatan.

kiswah Ka
Proses penggantian kiswah Ka'bah dengan protokol kesehatan. (photo/Twitter/Reasah Alharamain)

Oleh sebab itu momen penggantian kiswah Ka'bah pun menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh dan pemakaian masker.

Tahun ini, otoritas kota Makkah dan Arab Saudi membatasi kuota haji yakni hanya 10.000 jamaah dalam negeri dengan disertai pedoman kesehatan dan keselamatan haji.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
JOIN US
JOIN US