The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bak di Eropa! Puncak Brakseng, 'Negeri di Atas Awan' Dulunya Kebun Teh Zaman Belanda
Puncak Brakseng bak 'negeri di atas awan' (Iin Nurbaiti Chaniago/IDZ Creators)
Travel

Bak di Eropa! Puncak Brakseng, 'Negeri di Atas Awan' Dulunya Kebun Teh Zaman Belanda

Kamis, 05 Mei 2022 11:21 WIB 05 Mei 2022, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Kota Wisata Batu, Jawa Timur enggak cuma terkenal sebagai Kota Apel. Batu juga punya banyak destinasi wisata. Berada di daerah pegunungan hijau dengan udara yang sangat sejuk, enggak heran kalau Kota Batu menjadi tujuan  para wisatawan. Salah satu tempat wisata yang tengah diburu baik oleh wisatawan lokal maupun dari luar Kota Batu saat ini adalah Puncak Brakseng.

Puncak Brakseng berada di ketinggian 1700 Mdpl, di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Desa ini mendapat julukan sebagai ‘Desa Kaki Langit’. karena dari desa ini kamu bisa menikmati keindahan alam Kota Batu di atas ketinggian tanpa harus membayar mahal.

puncak brakseng
Berada di ketinggian 1700 Mdpl (Iin Nurbaiti Chaniago/IDZ Creators)

Destinasi wisata alam pegunungan Puncak Brakseng ini dijamin akan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya, karena mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang hijau dengan  deratan pegunungan, perbukitan dan juga jurang.  

Dulunya pada zaman Belanda, Puncak Brakseng ini sebuah perkebunan teh yang sangat luas. Namun setelah itu oleh masyarakat setempat diubah menjadi perkebunan sayur mayur seperti kentang, wortel, kubis, brokoli dan masih banyak lagi.

puncak brakseng batu
Perkebunan sayur mayur bak permadani alam (Iin Nurbaiti Chaniago/IDZ Creators)

Kalau  ingin mengunjungi Puncak Brakseng sebaiknya datang saat cuaca cerah, karena kamu akan melihat indahnya Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Puncak Brakseng juga merupakan jalur alternatif favorit para pendaki gunung. 

puncak brakseng batu
Jalur alternatif pendaki gunung Jawa Timur (Iin Nurbaiti Chaniago/IDZ Creators)

Meskipun suasana cerah, kamu harus tetap berhati-hati saat menyusuri Puncak Brakseng ini. Karena jalan di sekitarnya masih belum begitu lebar. Di kanan-kirinya juga masih banyak terdapat jurang -jurang yang hanya berpagar pohon cemara. Sehingga sering disebut juga sebagai ‘Desa Jurang Kuali’.

puncak brakseng
Negeri di atas awan yang cocok untuk healing (Iin Nurbaiti Chaniago/IDZ Creators)

Sejak dibuka sebagai tempat wisata di pertengahan 2020, Puncak Brakseng mendapat julukan baru yaitu ‘Negeri di atas awan’ karena selalu diselimuti kabut tebal. Semakin kamu menuju puncak maka kabut di sekitarnya akan semakin tebal.

Pokoknya Puncak Brakseng ini benar-benar merupakan lukisan alam yang nyata dan sangat Indah dengan hamparan permadani hijau, seperti lirik lagu Katon Bagaskara ‘kedamaian menjadi istananya’.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Iin Nurbaiti Chaniago
Iin Nurbaiti Chaniago

Iin Nurbaiti Chaniago

Community Writer
JOIN US
JOIN US